HUBUNGAN HIGIENE SANITASI PENGELOLAAN AIR MINUM ISI ULANG DENGAN PENYAKIT DIARE PADA BALITA

  • Vidyabsari Vidyabsari
  • Yusuf Lensa Hamdan

Abstract

ABSTRAK

Diare merupakan salah satu penyebab angka kematian dan kesakitan tertinggi pada anak, terutama pada anak berumur kurang dari 5 tahun (balita), di Kelurahan Berbas Pantai, kasus diare terbanyak terjadi pada usia balita, salah satu faktor timbulnya penyakit diare disebabkan oleh kuman atau bakteri yang masuk ketubuh manusia melalui air minum isi ulang yang tercemar. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan hubungan higiene sanitasi air minum isi ulang di rumah tangga dan di sarana DAM serta keberadaan E. coli di air minum dengan diare pada balita. Studi Analitik dengan rancangan cross sectional. Lokasi penelitian di Kelurahan Berbas Pantai Wilayah kerja Puskesmas Bontang Selatan II. Sebagai sampel adalah sebagian rumah tangga yang mempunyai balita dan mengkonsumsi air minum isi ulang pada bulan Juni s/d Oktober 2013 dengan jumlah sampel 70 balita. Subjek penelitian adalah orang tua yang mempunyai balita dan mengkonsumsi air minum isi ulang. Analisis data menggunakan uji statistik chi square dengan significancy level = 0,05.Variabel yang mempengaruhi kejadian diare pada balita di Kelurahan Berbas Pantai adalah higiene sanitasi di rumah tangga (p-value =0,001), higiene sanitasi di sarana DAM (p-value = 0,02) dan hasil pemeriksaan laboratorium ada tidaknya E. coli pada air minum yang dikonsumsi (p-value = 0,016). Adanya hubungan higiene sanitasi pengelolaan air minum isi ulang di sarana DAM dan di Rumah Tangga dengan diare serta keberadaan E. coli dalam air minum isi ulang dengan diare pada balita di Kelurahan Berbas Pantai.

 

Kata kunci : Balita, diare, higiene sanitasi.

 

THE RELATION BETWEEN HYGIENE SANITATION DRINKING WATER REFILL WITH THE INCIDENCE OF DIARRHEA IN TODDLERS

 

ABSTRACT

Diarrhea is one of the causes of the highest mortality and morbidity in children, especially in toddlers, in Berbas Pantai village, diarrhea cases occurred in children under five years, one of the factors diarrhea disease caused by germs or bacteria enter the human body through drinking water contaminated refill.This study was determine the relation between hygiene sanitation drinking water refill with the incidence of diarrhea in toddlers in Berbas Pantai village in 2013. The analytical survey method by using cross sectional design. The location of research is Berbas Pantai Village in Bontang II working area. As the sample is part of house holds that have at oddler and consuming drinking water refill in June s/d October 2013 with samples 70 toddlers. The Analysis of data using chi square statistical test with significancy level =0.05. Variables that affect the incidence of diarrhea in infants in the region of Berbas Pantai village is hygiene and sanitation the house hold (p-value = 0.001), hygiene and sanitation in DAM (p-value = 0,02), and the results of laboratory tests whether there is E.coli in drinking water consumed (p-value = 0.016). Hygiene and sanitation relation ship management refill drinking water in DAM and in house holds with diarrhea and the existence E.coli in drinking water refill with diarrhea in toddlers in Berbas Pantai village.

 

Keywords: Diarrhea, toddlers, hygiene sanitation.

 

Published
2018-05-04
How to Cite
Vidyabsari, V., & Hamdan, Y. (2018). HUBUNGAN HIGIENE SANITASI PENGELOLAAN AIR MINUM ISI ULANG DENGAN PENYAKIT DIARE PADA BALITA. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 8(1), 29-36. https://doi.org/https://doi.org/10.32583/pskm.8.1.2018.29-36
Section
Articles