Faktor Penyebab, Tingkat Stres dan Dampak Stres Akademik pada Mahasiswa dalam Sistem Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19

  • Norma Norma Program Studi Sarjana Keperawatan, STIKes Dharma Husada Bandung
  • Efri Widianti Fakultas Keperawatan, Universitas Padjadjaran
  • Siti Sugih Hartiningsih Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat, STIKes Dharma Husada Bandung
Keywords: pandemi covid-19, pembelajaran online, stres akademik

Abstract

Pandemi COVID-19 memberikan banyak perubahan salah satunya pada dunia pendidikan yaitu perubahan sistem pembelajaran menjadi online. Perubahan tersebut dapat menyebabkan permasalahan yaitu stres. Tujuan penelitian yaitu mengetahui faktor penyebab, tingkat stres, dan dampak stres akademik pada mahasiswa selama mengikuti pembelajaran online di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan deskriptif. Jumlah sampel sebanyak 231 orang. Instrumen penelitian dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian didapatkan jenis kelamin terbanyak yaitu perempuan (77,1%), mayoritas berumur 19-20 tahun (46,8%), dan paling banyak mahasiswa tingkat II (29,0%). Tingkat stres akademik dengan kategori sedang paling banyak yaitu (39,8%). Penyebab stres akademik terbanyak yaitu tidak dapat melakukan  praktek laboratorium karena ketidaksediaan alat dirumah (81,4%), dan dampak stres akademik paling banyak yaitu kesulitan berkonsentrasi (90,5%). Dapat disimpukan faktor penyebab stres akademik terbanyak yaitu tidak dapat melakukan praktek laboratorium karena ketidaksediaan alat di rumah. Tingkat stres akademik yang dialami mahasiswa mayoritas kategori sedang. Dampak stres akademik yang paling banyak dialami yaitu kesulitan berkonsentrasi.