Analisis Kepuasan, Citra, dan Loyalitas Pelanggan atas Pelayanan di Politeknik Kesehatan
Abstract
Politeknik Kesehatan Karya Husada Yogyakarta adalah salah satu lembaga yang menyelenggarakan pendidikan tenaga Kesehatan. Hasil penelitian sebelumnya menyebutkan bahwa mahasiswa merasa puas dengan pelayanan pendidikan di Poltekkes Karya Husada, namun perlu perbaikan atribut tangibel, assurance dan empathy pelayanan pendidikan tersebut. Hasil penelitian tersebut perlu dikaji kembali karena jumlah mahasiswa dalam 3 tahun terakhir jumlah mahasiswa mengalami penurunan. Oleh karenanya perlu penelitian lanjutan sebagai landasan untuk kebijakan strategis untuk memperbaiki citra, kepuasan dan loyalitas mahasiswa.Penelitian ini merupakan penelitian korelatif untuk menemukan hubungan antara kepuasan mahasiswa mengenai kualitas pelayanan pendididkan dan citra dengan loyalitas mahasiswa terhadap Poltekkes Karya Husada. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Poltekkes Karya Husada. Populasi. Atribut-atribut kepuasan mahasiswa atas kualitas pelayan di Poltekkes Karya Husada saling memberikan kepuasan kepada mahasiswa adalah atribut reliabelity dan yang belum memberikan kepuasan kepada mahasiswa adalah atribut emphaty dan tangible. Poltekkes Karya Husada mempunyai citra dan loyalitas yang baik menurut mahasiswa. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara atribut-atribut kepuasan mahasiswa dan citra Poltekkes Karya Husada dengan loyalitas loyalitas mahasiswa di Politeknik Kesehatan Karya Husada Yogyakarta. Kepuasan atas kualitas pelayanan dan citra berhubungan positif dengan Loyalitas mahasiswa Poltekkes Karya Husada.