Analisis Kepuasan, Citra, dan Loyalitas Pelanggan atas Pelayanan di Politeknik Kesehatan

  • Pritta Yunitasari Poltekkes Karya Husada Yogyakarta
  • Istiqomah Istiqomah Poltekkes Karya Husada Yogyakarta
  • Endang Tri Sulistyowati Poltekkes Karya Husada Yogyakarta
Keywords: citra, kepuasan, loyalitas pelanggan atas pelayanan

Abstract

Politeknik Kesehatan Karya Husada Yogyakarta adalah salah satu lembaga yang menyelenggarakan pendidikan tenaga Kesehatan. Hasil penelitian sebelumnya menyebutkan bahwa mahasiswa merasa puas dengan pelayanan pendidikan di Poltekkes Karya Husada, namun perlu perbaikan atribut tangibel, assurance dan empathy pelayanan pendidikan tersebut. Hasil penelitian tersebut perlu dikaji kembali karena jumlah mahasiswa dalam 3 tahun terakhir jumlah mahasiswa mengalami penurunan. Oleh karenanya perlu penelitian lanjutan sebagai landasan untuk kebijakan strategis untuk memperbaiki citra, kepuasan dan loyalitas mahasiswa.Penelitian ini merupakan penelitian korelatif untuk menemukan hubungan antara kepuasan mahasiswa mengenai kualitas pelayanan pendididkan dan citra dengan loyalitas mahasiswa terhadap Poltekkes Karya Husada. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Poltekkes Karya Husada. Populasi. Atribut-atribut kepuasan mahasiswa atas kualitas pelayan di Poltekkes Karya Husada saling memberikan kepuasan kepada mahasiswa adalah atribut reliabelity dan yang belum memberikan kepuasan kepada mahasiswa adalah atribut emphaty dan tangible.  Poltekkes Karya Husada mempunyai citra dan loyalitas yang baik menurut mahasiswa.  Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara atribut-atribut kepuasan mahasiswa dan citra Poltekkes Karya Husada dengan loyalitas loyalitas mahasiswa di Politeknik Kesehatan Karya Husada Yogyakarta. Kepuasan atas kualitas pelayanan dan citra berhubungan positif dengan Loyalitas mahasiswa Poltekkes Karya Husada.

References

Kotler, Philip. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas Bahasa. Indonesia..Jakarta : Erlangga.
Parasuraman, A. Zeithhaml, V. and Berry, L. SERVQUAL: A Multiple-item Scale for Measuring Customer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing 1988; 64(Spring): 12-40
Padma, K. (2006). Measuring Multidimensional Performance Attributes: Method and Application to Measurement of Service Quality of Local Telephone Companies. UMI Dissertation Publishing, The Ohio State University
Annamdevula, Subrahmanya & Bellamkonda, Raja Shekhar. (2016). The effects of service quality on student loyalty: the mediating role of student satisfaction. Journal of Modelling in Management. 11. 446-462. 10.1108/JM2-04-2014-0031
Kartajaya. H. (2006). Marketing on mix. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Istiqomah, Istiqomah, and Pritta Yunitasari. (2017). “Persepsi Dan Kepuasan Mahasiswa Mengenai Pelayanan Pendidikan Yang Diselenggarakan Politeknik Kesehatan Karya Husada Yogyakarta”. Jurnal Kesehatan Karya Husada 5 (1).
Putra KM dan Yasa NK: Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa, Citra dan Positive Word of Mouth, Politeknik Negeri Bali, Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan. Vol 11. No. 1 Maret 2015
Mulyawan, A., & Sidharta, I. (2013). Analisis Deskriptif Pemasaran Jasa Di STMIK Mardira Indonesia Bandung, Jurnal Computech & Bisnis, 7(1), 42– 55.
Mansori, S., Vaz, A., & Ismail, Z. M. M. (2014). Service quality, satisfaction and student loyalty in Malaysian private education. Asian Social Science, 10(7), 57–66.
Rifqi Sasmita Hadi, (2018), Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Mahasiswa Universitas Islam Indonesia: Analisis Peran Mediasi Kepuasan Mahasiswa, Tesis. Magister Manajemen/Akutansi/Ekonomi dan Keuangan, FE-UII, Yogyakarta
Lovelock, CH. dan Wright, LK. (2010). Manajemen Pemasaran Jasa. Cetakan II. Indeks. Jakarta.
Published
2021-06-02
How to Cite
Yunitasari, P., Istiqomah, I., & Sulistyowati, E. (2021). Analisis Kepuasan, Citra, dan Loyalitas Pelanggan atas Pelayanan di Politeknik Kesehatan. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 11(2), 383-390. https://doi.org/https://doi.org/10.32583/pskm.v11i2.1359

Most read articles by the same author(s)