Perbandingan Pendidikan Kesehatan dengan Booklet dan Ceramah terhadap Pengetahuan Makananan Pendamping ASI (MP-ASI) Ibu Balita
Abstract
Prevalensi stunting di Indonesia masih cukup tinggi yaitu 37,2%. Stunting disebabkan oleh faktor multi dimensi, salah satunya praktik pengasuhan yang tidak baik. Tingkat pengetahuan ibu mengenai MP-ASI memunculkan masalah hubungan sebab akibat pemberian MP-ASI yang kurang tepat sehingga melahirkan status gizi kurang. Pendidikan gizi dapat meningkatkan pengetahuan ibu. Booklet merupakan media pendidikan gizi yang dapat menyajikan informasi dengan singkat, jelas, dan menarik. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbandingan pendidikan kesehatan dengan booklet dan ceramah terhadap pengetahuan tentang Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) pada ibu balita Usia 6-24 Bulan Di posyandu Ngudi Raharjo Kadipiro Banjarsari Surakarta. Jenis penelitian ini adalah quasy eksperiment two group pretest post test. Sampel penelitian adalah ibu balita usia 6-24 bulan di posyandu Ngudi Raharjo Kadipiro sebanyak 30 orang yang terbagi dalam dua kelompok, ceramah dan booklet. Teknik sampling penelitian adalah purposive sampling dan simple random sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner. Analisis data menggunakan Uji Wilcoxon dan Uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok dengan nilai p<0,05. Kelompok yang diberikan booklet memiliki nilai rata-rata post test 23,9, sedangkan kelompok ceramah memiliki nilai rata-rata post test 14,4. Simpulan penelitian ini adalah booklet lebih efektif untuk meningkatkan pengetahuan MP-ASI dibandingkan ceramah.