Persepsi Konsumen tentang Bauran Pemasaran Berpengaruh terhadap Loyalitas Pasien Umum

  • Edy Bachrun STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun
  • Faqih Nafiul Umam STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun
Keywords: bauran pemasaran, loyalitas, persepsi konsumen

Abstract

Survey pendahuluan pada Januari 2018 diperoleh hasil Rumah Sakit melakukan pemasaran rumah sakit dalam hal promosi meliputi internal dan eksternal. Di dalam promosi internal yang dilakukan pihak rumah sakit mengadakan promosi kesehatan di poli berdasarkan 10 besar penyakit, dan pemasangan poster di tempat pendaftaran, serta tempat strategis lainnya sebanyak 10 poster, pemberian leaflet pada pasien ataupun keluarga. Sedangkan untuk eksternal mengadakan promosi kesehatan di sekitar rumah sakit dengan waktu 3  bulan sekali, bekerja sama dengan radio tiap bulan, pemasangan spanduk di tempat parkir, jalan dan tempat umum sebanyak 20 buah per tahun. Metode menggunakan cross sectional. Sampel sejumlah96 responden, menggunakan uji regresi linier berganda. Berdasarkan analisis dilihat pada tabel Annova nilai signifikan 0,000 < 0,05, Ho ditolak jadi Ada Pengaruh antara variabel bebas dan terikat. Dari hasil analisis Uji Regresi Linier Berganda variabel yang paling berpengaruh adalah Bauran promosi dengan nilai koefisisen regresi -0,099, bauran orang dengan nilai koefisisen regresi 0,158 dan bauran bukti fisik dengan nilai koefisisen regresi 0,328. Berdasarkan hasil pengujian regresi linier berganda diperoleh nilai R² 0,352 sehingga terdapat pengaruh.

References

Aditama, Tjandra. 2004. Manajamen Administrasi Rumah Sakit Edisi Kedua. Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Diana, Irene. 2010. Manajemen Pemasaran Usaha Kesehatan. Yogyakarta : Nuha Medika.
Hasan, A. 2008.Marketing. Jogjakarta: Media Press.
Hastuti, Sri. 2012. Gambaran dan Persepsi Pasien terhadap Bauran Pemasaran Unit Rawat Jalan Rumah Sakit MH.Thamrin Salemba Tahun 2011. Skripsi: Universitas Indonesia.
Hurriyati, Ratih. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta
Ika, Dwi. 2009. Analisis Pengaruh Persepsi Pasien Tentang Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pasien di Poliklinik Rawat Jalan RS Baptis Kediri.Skripsi: Universitas Diponegoro Semarang
Lupiyoadi, Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Kedua. Jakarta: Salemba Empat.
Nitisusastro, Mulyadi. 2013. Perilaku Konsumen (Dalam Perspektif Kewirausahan).Bandung : Alfabeta.
Notoatmodjo, Soekidjo. 2012. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.
Purwanto, Djoko. 2006. Komunikasi Bisnis Edisi Ketiga. Jakarta: Erlangga.
Rahayu, I Gusti.2015. Analisis Korelasi Bauran Pemasaran terhada Loyalitas Pelanggan di Unit Pelayanan Teknis Balai Laboratorium Kesehatan Provinsi Bali.
Rita, Nova. 2014. Hubungan Bauran Pemasaran Jasa Pelayanan Keperawatan Dengan Loyalitas Pasien di Rawat Inap Ambun Pagi RSUP Dr.M.Djamil Padang. Jurnal: Universitas Andalas Padang
Suci, Alfia. 2016. Pengaruh Persepsi Pasien Tentang Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pasien Rawat Jalan Memilih Layanan Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Majenang.Skripsi: Universitas Negeri Semarang.
Supriyanto dan Ernawaty. 2010. Pemasaran Industri Jasa Kesehatan. Yogyakarta: Andi Offset.
Yuniarti, Sri Vinna. 2015. Perilaku Konsumen Teori dan Praktik. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Published
2021-04-02
How to Cite
Bachrun, E., & Umam, F. (2021). Persepsi Konsumen tentang Bauran Pemasaran Berpengaruh terhadap Loyalitas Pasien Umum. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 11(2), 411-422. https://doi.org/https://doi.org/10.32583/pskm.v11i2.1126
Section
Articles