Efektifitas Pelatihan Bantuan Hidup Dasar terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan pada Siswa
Abstract
Pemberian pelatihan bantuan hidup dasar pada siswa SMA dibutuhkan untuk dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, sehingga siswa terampil dalam menolong korban henti jantung di lingkungan sekolah dan masyarakat.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh pemberian pelatihan bantuan hidup dasar terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan pada siswa SMKN 1 Madiun. Desain penelitian ini menggunakan quasi experiment dengan rancangan pretest-postest with Control Grup Design. Sampel penelitian berjumlah 76 orang, setiap kelompok intervensi dan kelompok kontrol berjumlah 38 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan uji statistik Wilcoxon, yaitu untuk menguji pengaruh suatu perlakuan terhadap suatu besaran variable yang diteliti. Waktu Peneitian dilakukan Pada Bulan Maret sampai April 2020. Setelah dilakukan pelatihan bantuan hidup dasar tingkat pengetahuan dan keterampilan pada kelompok intervensi perlakuan baik yaitu pengetahuan 26 siswa (68.4%) dan keterampilan 19 siswa (50%).Sedangkan kelompok kontrol tanpa perlakuan pelatihan bantuan hidup dasar peningkatan pengetahuan dan keterampilan baik yaitu pengetahuan 15 siswa (39.5%) dan keterampilan 18 siswa (47.3%). Berdasarkan hasil analisa uji statistik Wilcoxon diperoleh p-value 0,000 ˂ 0,05). Artinya ada pengaruh pemberian pelatihan bantuan hidup dasar terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan pada siswa SMKN 1 Madiun. Pelatihan bantuan hidup dasar dapat mempengaruhi pengetahuan dan keterampilan siswa.