Dampak Bulliying di Sekolah terhadap Kesehatan Mental Remaja

  • Pritta Yunitasari Poltekkes Karya Husada Yogyakarta
  • Hernawan Isnugroho Poltekkes Karya Husada Yogyakarta
  • Endang Tri Sulistyowati Poltekkes Karya Husada Yogyakarta
Keywords: bullying, kesehatan mental, remaja

Abstract

Kajian mengenai dampak bullying terhadap kesehatan mental pada remaja menarik untuk dikaji mengingat remaja adalah asset bangsa yang berharga. Masalah bullying di sekolah perlu mendapatkan perhatian, karena bullying menyebabkan pelaku dan korban mengalami gangguan kesehatan mental. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Dampak Bulliying terhadap Kesehatan Mental siswa SMP Muhammadiyah 3 Mlati. Jenis Penelitian Deskriptif Analitik dengan pendekatan cross sectional.  Penelitian ini pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik total sampling sebanyak 115.  Hasil uji chi square menunjukkan bahwa hubungan kedua variable signifikan secara statistic (p<0,05). Hasil penelitian ini menemukan bahwa bahwa ada hubungan antara pengalaman bullying dengan status kesehatan mental siswa SMP Muhammadiyah Mlati Sleman.

References

David, R. and Sara, P. (2016) ‘Bullying’, Child and Adolescent Psychiatric Clinics of North America, 25(2), pp. 235–242.
Dwipayanti and Komang (2014) ‘Hubungan antara tindakan bullying dengan prestasi belajar anak korban bullying pada tingkat sekolah dasar.’, Jurnal Psikologi Udayana, 1(2), pp. 251–260.
Fitri Hartanto dan Hendriani Selina (2010), Masalah Mental Remaja di Kota Semarang, Media Medika Indonesiana, Volume 44, Nomor 3, 118-124.
Hurlock and Eilizabeth, B. (2004) Perkembangan Psikologi. Jakarta: Erlangga.
Istiqomah (2017) ‘Parameter Psikometri Alat Ukur Strengths and Difficulties Questionnaire (SDQ). PSYMPATHIC’, Jurnal Ilmuah Psikologi, 4(2), pp. 251–264.
Kemdikbud (2018) Kuisioner kekuatan dan kesulitan pada Anak, Kemdikbud.go.id.
KPAI (2014) Kasus Bullying dan Pendidikan Karakter, www.kpai.go.id.
Oktaviani, M. and Supra, W. (2014) ‘Validasi Klinik Strenghts and Difficulties Questionnaire (SDQ) sebagai Instrumen Skrining Gangguan Tingkah Laku’, Jurnal Psikologi, 41(1), pp. 101–114.
Olweus, D. (2010). In the handbook of bullying in Schools: An international perspective. New York: Routledge.
Santrock, J. . (2003) Adolescence Perkembangan Remaja. Jakarta: Penerbit Erlangga.
SEJIWA and Amini Yayasan (2008) Bullying : Mengatasi kekerasan di sekolah dan lingkungan sekitar anak. Jakarta: PT. Grasindo.
Published
2021-05-09
How to Cite
Yunitasari, P., Isnugroho, H., & Sulistyowati, E. (2021). Dampak Bulliying di Sekolah terhadap Kesehatan Mental Remaja. Jurnal Keperawatan, 13(2), 377-384. https://doi.org/https://doi.org/10.32583/keperawatan.v13i2.949
Section
Articles