Tingkat Kepuasan Pasien dalam Menerima Pelayanan Asuhan Keperawatan

  • Mulyati Mulyati Rumah Sakit Islam Kendal
  • Eri Susanti Rumah Sakit Islam Kendal
  • Septiyani Aryati Rumah Sakit Islam Kendal
  • Elly Mardhotillah Rumah Sakit Islam Kendal
  • Maftukhah Maftukhah Rumah Sakit Islam Kendal
  • Gati Sulistyowati Rumah Sakit Islam Kendal
  • Novi Indrayati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal
  • Livana PH Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal
Keywords: Kepuasan Pasien, Pelayanan Asuhan Keperawatan, Pasien

Abstract

Rumah sakit merupakan suatu jasa pemberi layanan kesehatan yang harus mampu memberikan kepuasan pada para penggunanya. Rumah Sakit harus memberikan pelayanan yang terbaik, sehingga pengguna  mendapatkan kepuasan. Pelayanan keperawatan adalah salah satu aspek yang mempengaruhi kepuasan pasien bagi pengguna fasilitas pelayanan kesehatan di rumah sakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan asuhan keperawatan di Rumah sakit Islam  Kendal. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang dirawat di Rumah Sakit Muhammadiyah Kendal, dengan menggunakan menggunakan teknik pengambilan sampel secara accidental sampling sebanyak 105 responden. Alat ukur penelitian yang digunakan untuk mengukur kepuasan pasien pada penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner. Analisis pada penelitian ini menggunakan distribusi frekuensi. Hasil analisis uji statistik menunjukkan  bahwa mayoritas responden merasa sangat puas terhadap pelayanan asuhan keperawatan di RSI Muhammadiyah Kendal, yaitu sebanyak 76,2% dan  terdapat 23,8% responden yang merasa puas.

Kata kunci : kepuasan pasien, pelayanan asuhan keperawatan, pasien

LEVEL OF PATIENT SATISFACTION IN RECEIVING SERVICE NURSING CARE

ABSTRACT

Hospital is a health service provider that must be able to provide satisfaction to its users. Hospitals must provide the best service, so that users get satisfaction. Nursing services are one aspect that affects patient satisfaction for users of health care facilities in hospitals. The purpose of this study was to determine the level of satisfaction of respondents with nursing care services at Kendal Hospital. This type of research used in this research is descriptive. The population and sample in this study were all patients who were treated at the Muhammadiyah Kendal Hospital, using 105 sampling respondents using accidental sampling techniques. Research measuring instrument used to measure patient satisfaction in this study is to use a questionnaire. Univariate analysis in this study uses the frequency distribution. The results of the statistical test analysis showed that the majority of respondents were very satisfied with nursing care services at Kendal Muhammadiyah Hospital, which was 76.2% and there were 23.8% of respondents who were satisfied.

Keywords:  patient satisfaction, nursing services, patient