Efektifitas Peran Mentoring terhadap Kesiapan Mahasiswa Ners dalam Menghadapi Uji Kompetensi
Abstract
Uji Kompetensi adalah alat dan prasyarat wajib oleh pemerintah untuk memastikan lulusan yang berkualitas. Dalam pelaksanaan uji kompetensi ners ada beberapa proses yang diukur meliputi : tingkat pengetahuan, skill dan prilaku ners yang sesuai standar profesi. Pembimbingan mahasiswa untuk menyiapkan hasil optimal dalam uji kompetensi salah satunya adalah mentoring, Tujuan dalam penelitian yaitu untuk mengetahui bagaimana dengan pengaruh peran mentoring terhadap kesiapan mahasiswa dalam uji kompetensi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian quasy-experiment dengan pendekatan pretest dan post test. Variabel independen adalah peran mentoring sedangkan variabel dependen adalah kesiapan mahasiswa dalam menghadapi uji kompetensi. Populasi dan sampel penelitian ini adalah semua mahasiswa Ners tahun 2020/2021. Data disajikan dalam bentuk tabulasi dan dianalisis secara univariat terhadap tiap variabel dan bivariat dengan menggunakan uji Mc-Nemar untuk mengetahui efektifitas peran mentoring. Hasil penelitian kesiapan uji kompetensi mahasiswa sebelum mentoring yang kompeten 56,9% ( 41 orang) dan setelah diberikan mentoring kompeten sebanyak 90,3% ( 65 orang). Sedangkan hasil peran mentoring efektif dalam meningkatkan kelulusan mahasiswa ners dalam menghadapi kesiapan uji kompetensi ners dengan nilai p Value = 0,00 yang berarti efektif.