Efektifitas Peran Mentoring terhadap Kesiapan Mahasiswa Ners dalam Menghadapi Uji Kompetensi

  • Efroliza Efroliza Institut Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Palembang
  • Imardiani Imardiani Fakultas Ilmu Kesehatan, Institut Ilmu Kesehatan dan Teknologi Muhammadiyah Palembang
Keywords: mahasiswa, mentoring, uji kompetensi ners

Abstract

Uji Kompetensi adalah alat dan prasyarat wajib oleh pemerintah untuk memastikan lulusan yang berkualitas. Dalam pelaksanaan uji kompetensi ners ada beberapa proses yang diukur meliputi : tingkat pengetahuan, skill dan prilaku ners yang sesuai standar profesi. Pembimbingan mahasiswa untuk menyiapkan hasil optimal dalam uji kompetensi salah satunya adalah mentoring, Tujuan dalam penelitian yaitu untuk mengetahui bagaimana dengan pengaruh peran mentoring terhadap kesiapan mahasiswa dalam uji kompetensi. Penelitian   ini   merupakan   penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian quasy-experiment dengan pendekatan pretest  dan  post test. Variabel independen adalah peran mentoring sedangkan variabel dependen adalah kesiapan mahasiswa dalam menghadapi uji kompetensi. Populasi dan sampel penelitian ini adalah semua mahasiswa Ners tahun 2020/2021. Data disajikan  dalam  bentuk tabulasi dan dianalisis secara univariat terhadap tiap variabel dan bivariat dengan menggunakan uji Mc-Nemar untuk mengetahui efektifitas peran mentoring. Hasil penelitian kesiapan uji kompetensi mahasiswa sebelum mentoring  yang kompeten 56,9% ( 41 orang) dan setelah diberikan mentoring kompeten sebanyak 90,3% ( 65 orang). Sedangkan hasil peran  mentoring  efektif dalam  meningkatkan kelulusan  mahasiswa ners dalam  menghadapi kesiapan uji kompetensi ners dengan nilai p Value = 0,00  yang berarti efektif.