Bagaimana Mahasiswa Keperawatan Menjalani Pembelajaran Daring?

  • Mei Rianita Elfrida Sinaga Program Studi Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum Yogyakarta
  • Erik Adik Putra Bambang Kurniawan Program Studi Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum Yogyakarta
Keywords: mahasiswa keperawatan, pembelajaran daring, tingkat stres

Abstract

Pemutusan mata rantai penyebaran COVID-19 dengan cara belajar dari rumah/daring  merupakan wujud kebijakan dari pemerintah pada sektor Pendidikan, salah satunya adalah tingkat perguruan tinggi. Mahasiswa keperawatan tingkat pertama mengalami perubahan peran dan tugas, dan seringkali menyebabkan stres. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang gambaran tingkat stres yang dialami oleh mahasiswa keperawatan selama menjalani pembelajaran daring di kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik menggunakan pendekatan cross sectional. Pengukuran tingkat stres menggunakan kuesioner DASS. Populasi penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa keperawatan tingkat pertama baik program diploma maupun sarjana STIKes Bethesda Yakkum Yogyakarta. Sampel sebanyak 105 responden dipilih menggunakan teknik pupposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisis univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat stres mahasiswa tingkat pertama menjalani pembelajaran daring mayoritas normal 55,2%; ringan 23,8%; sedang 17,1%; dan berat 3,8%. Metode pembelajaran daring memberikan perubahan bagi mahasiswa tingkat pertama baik dari cara berpikir dan belajar sehingga kondisi ini menyebabkan stres akademik bagi mahasiswa.

References

Ambarsari, R. (2020). Fenomena pembelajaran daring akibat pandemi COVID-19. Radardepok.Com. https://www.radardepok.com/2020/07/fenomena-pembelajaran-daring-akibat-pandemi-covid-19/
Andiarna, F., & Kusumawati, E. (2020). Pengaruh pembelajaran daring terhadap stres akademik mahasiswa selama pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi, 16(2), 139–150.
Azahra, J. S. (2017). Hubungan antara stres akademik dengan coping stress pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di Fakultas Pendidikan Psikologi. Skripsi.
BHP UMY. (2020). Polemik pendidikan aaat pandemi, pembelajaran online bisa jadi new normal? Umy.Ac.Id. https://www.umy.ac.id/polemik-pendidikan-saat-pandemi-pembelajaran-online-bisa-jadi-new-normal.html
Brown, K., Anderson-Johnson, P., & McPherson, A. N. (2016). Academic-related stress among graduate students in nursing in a Jamaican school of nursing. Nurse Education in Practice, 20, 117–124. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2016.08.004
Cheung, T., Wong, S. Y., Wong, K. Y., Law, L. Y., Ng, K., Tong, M. T., Wong, K. Y., Ng, M. Y., & Yip, P. S. F. (2016). Depression, anxiety and symptoms of stress among baccalaureate nursing students in Hong Kong: A cross-sectional study. International Journal of Environmental Research and Public Health, 13(8). https://doi.org/10.3390/ijerph13080779
Dwi C, B., Amelia, A., Hasanah, U., Putra, A. M., & Rahman, H. (2020). Analisis keefektifan pembelajaran online di masa pandemi COVID-19. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Dipetik April 18, 2020 dari YouTubealobatnic:
Harnani, S. (2020). Efektivitas pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19. Https://Bdkjakarta.Kemenag.Go.Id/. https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/efektivitas-pembelajaran-daring-di-masa-pandemi-covid-19
Hasanah, U. (2017). Hubungan antara stres dengan strategi koping mahasiswa tahun pertama akademi keperawatan. Jurnal Wacana Kesehatan, 1(1), 138–145.
Hawari, D. (2016). Manajemen stres cemas dan depresi. Balai Penerbit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.
Janse van Rensburg, E. S. (2018). Effective online teaching and learning practices for undergraduate health sciences students: An integrative review. International Journal of Africa Nursing Sciences, 9(April), 73–80. https://doi.org/10.1016/j.ijans.2018.08.004
Kementerian Kesehatan RI. (2020). Pedoman pencegahan dan pengendalian coronavirus disease (Covid-19). Direktorat Jenderal Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit.
Labrague, L. J., McEnroe-Petitte, D. M., Gloe, D., Thomas, L., Papathanasiou, I. V., & Tsaras, K. (2017). A literature review on stress and coping strategies in nursing students. Journal of Mental Health, 26(5), 471–480. https://doi.org/10.1080/09638237.2016.1244721
Livana, P. ., Mubin, M. F., & Basthomi, Y. (2020). “Learning task” attributable to students’ stress during the pandemic Covid-19. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(2), 203–208.
Ningsih, H. E. W., & Hartati, E. (2019). Pengaruh terapi mindfullness melalui aplikasi android SI-BESUTA terhadap stres pada mahasiswa magister keperawatan. Universitas Diponegoro.
Pascoe, M. C., Hetrick, S. E., & Parker, A. G. (2020). The impact of stress on students in secondary school and higher education. International Journal of Adolescence and Youth, 25(1), 104–112. https://doi.org/10.1080/02673843.2019.1596823
Pusdiklat. (n.d.). Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid- 1 9). Retrieved September 30, 2020, from https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/
Sundarasen, S., Chinna, K., Kamaludin, K., Nurunnabi, M., Baloch, G. M., Khoshaim, H. B., Hossain, S. F. A., & Sukayt, A. (2020). Psychological impact of covid-19 and lockdown among university students in malaysia: Implications and policy recommendations. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(17), 1–13. https://doi.org/10.3390/ijerph17176206
Szabo, A. (2015). International student stress and adjustment. International Journal of Stress Management, 6140.
United Nations. (2020). Indonesia multi-sectoral response plan to COVID-19. COVID-19 Response. https://reliefweb.int/report/indonesia/indonesia-multi-sectoral-response-plan-covid-19-may-october-2020
Utami, S., Rufaidah, A., & Nisa, A. (2020). Kontribusi self-efficacy terhadap stres akademik mahasiswa selama pandemi Covid-19 periode April-Mei 2020. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 20–27. https://doi.org/10.26539/teraputik.41294
Published
2021-12-01
How to Cite
Sinaga, M., & Kurniawan, E. (2021). Bagaimana Mahasiswa Keperawatan Menjalani Pembelajaran Daring?. Jurnal Keperawatan, 13(4), 827-836. https://doi.org/https://doi.org/10.32583/keperawatan.v13i4.1736
Section
Articles