Gambaran Kesiapan dan Motivasi Mahasiswa Fakultas Keperawatan dalam Menyelesaikan Skripsi pada Masa Pandemi Covid-19

  • Melin Alawiyah Fakultas Keperawatan, Universitas Padjadjaran
  • Valentina Lumbantobing Fakultas Keperawatan, Universitas Padjadjaran
  • Anita Setyawati Fakultas Keperawatan, Universitas Padjadjaran
Keywords: covid-19, kesiapan, motivasi, skripsi

Abstract

 

Pandemi covid-19 memberi dampak pada sektor pendidikan, termasuk proses penyelesaian skripsi oleh mahasiswa. Mahasiswa membutuhkan kesiapan serta motivasi yang tinggi dalam menyelesaikan skripsi, sehingga dapat selesai tepat waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kesiapan dan motivasi mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran (Fkep Unpad) dalam menyelesaikan skripsi pada masa pandemi covid-19.  Metode penelitian ini deskriptif kuantitatif dan dilakukan pada populasi mahasiswa Fkep Unpad yang sedang mengambil mata kuliah skripsi sebanyak 303 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan accidental sampling technique, dengan response rate minimal yaitu sebanyak 33%, sehingga didapatkan 193 mahasiswa (64%) dari total populasi. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa kuesioner mengenai kesiapan dan motivasi menyelesaikan skripsi. Hasil uji validitas kuesioner kesiapan belajar terdapat 36 item yang valid dengan nilai reliabilitas Cronbach’s Alpha  yaitu  0.938.  Sedangkan untuk kuesioner motivasi mahasiswa, nilai CVI diperoleh nilai 1. Nilai reliabilitas motivasi mahasiswa yaitu 0,768.  Analisis data ditampilkan dalam bentuk distribusi, frekuensi dan persentase agar mudah untuk disimpulkan dan penggambaran informasinya mudah dipahami. Hasil penelitian ini menunjukan sebagian besar kesiapan tinggi (89.2%) dan motivasi tinggi (92.2%). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat kesiapan dan motivasi mahasiswa Fkep Unpad dalam menyelesaikan skripsi pada masa pandemi Covid-19 yaitu tinggi atau baik.

References

Aditiya Riyadi Saputro, Mintasih Indriayu, S. A. T. (2016). Pengaruh Keaktifan Berorganisasi dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2013-2016 Universitas Sebelas Maret Surakarta. Kazoku Syakaigaku Kenkyu, 28(2), 250–250. https://doi.org/10.4234/jjoffamilysociology.28.250
Agata, A. K. (2016). Gambaran Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Diponegoro Semarang. Keperawatan, Jurusan Kedokteran, Fakultas Diponegoro, Universitas.
Agusta, Y. N. (2014). Hubungan Antara Orientasi Masa Depan dan Daya Juang Terhadap Kesiapan Kerja pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik di Universitas Mulawarman. 2(3), 133–140.
Ahmad Jaelani, Hamdan Fauzi, Hety Aisah, Q. Y. Z. (2020). Penggunaan Media Online Dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar Pai Dimasa Pandemi Covid-19 (Studi Pustaka dan Observasi Online). Journal of Chemical Information and Modeling, 8(1), 1689–1699.
Alfaiz, Zulfikar, D. Y. (2017). Efikasi diri sebagai faktor prediksi kesiapan mahasiswa dalam mengerjakan tugas kuliah. 2.
Ariyanti, I. (2010). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2008/2009.
Asmawan, M. C. (2016). Analisis Kesulitan Mahasiswa Menyelesaikan Skripsi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol 26, No.2, Desember 2016, ISSN:1412-3835, 147(March), 11–40.
Astari, D. R. (2018). Survei pada Inventarisasi Motivasi Intrinsik Siswa pada PT Pendidikan Bahasa Inggris Ditulis oleh : Dika Ratih Astari DEPARTEMEN Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial-Budaya Universitas Islam Indonesia Kata Kunci : Motivasi , Motiva.
AYU, E. D. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Program Pendidikan Biologi Fkip Ums dalam Penulisan Skripsi Selama Pandemi Covid-19 Tahun Akademik 2019/2020. http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf
Ayu Hasriani, I. S. A. (2015). Kontribusi Motivasi, Penguasaan Informasi dan Persepsi Mahasiswa Pendidikan Kimia Terhadap Kesiapan Implementasi Kurikulum 2013. 1, 115–125.
Ballantyne, C. (2005). Moving student evaluation of teaching online: reporting pilot outcomes and issues with a focus on how to increase student response rate. Paper presented at the 2005 Australasian Evaluations Forum: University Learning and Reaching: Evaluating and Enhancing the Experience, UNSW, Sydney, 28–29 November.
Bintang, M. (2018). Pengaruh kesiapan belajar terhadap kecemasan remaja menghadapi ujian.
Cok lstri Putri Prigita Puspawatir , Eddy Purnomo, S. (2015). Hubungan motivasi mahasiswa div bidan pendidik untuk menyelesaikan skripsi dengan ketepatan waktu maju proposal. 35–40.
Fathonah, S., Wahyuningsih, S. E., Wahyuningsih, U., Teknologi, J., & Semarang, U. N. (2011). Determinan Masa Penulisan Skripsi Mahasiswa Prodi PKK. Jurnal Kompetensi Teknik, 2(2), 127–136.
Firman. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Pembelajaran di Perguruan Tinggi. BIOMA: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 2(1), 14–20. https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/bioma/article/view/743
Hadiningrum, I., Budaya, F. I., & Soedirman, U. J. (2018). Analisis kesiapan belajar mahasiswa dalam mengikuti mata kuliah pragmatics. Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Papers, 14–15(November), 222–229. http://jurnal.lppm.unsoed.ac.id/ojs/index.php/Prosiding/article/view/644
Hanifah Nurazkiyah, Nurul Agustin, Dian Trihartini, Intan Maelanajimah, R. U. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. 1–7.
Hartato, U., & Aisyah, M. N. (2016). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Penyelesaian Skripsi Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta Angkatan 2011. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 14(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v14i1.11368
Hasanah, A. N. (2017). Hubungan antara motivasi belajar dan kontrol diri dengan prokrastinasi dalam mengerjakan skripsi pada mahasiswa program studi ilmu komunikasi fakultas ilmu sosial dan ilmu politik universitas mulawarman. Psikoborneo, Vol: 5(3)(3), 477–491. Ejournal.Psikologi.Fisip-Unmul.Ac.Id/Site/Wp-Content/Uploads/2017/09/Jurnal atikah nurul hasanah (09-07-17-10-07-21).Pdf
Hidayah, A. A. F., Al Adawiyah, R., & Mahanani, P. A. R. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Sosial :Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 21(September), 53–56. http://sosial.unmermadiun.ac.id/index.php/sosial/article/view/61
Hutauruk, A., & Sidabutar, R. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Matematika : Kajian Kualiatatif Deskriptif. Journal of Mathematics Education and Applied, 02(01), 45–51.
Kemenkes RI. (2020). Infeksi Emerging. Retrieved 21 Desember, 2020, from https://infeksiemerging.kemkes.go.id/situasi-infeksi-emerging/situasi-terkini-perkembangan-coronavirus-disease-covid-19-20-desember-2020
Kurnia, H. (2014). Pengaruh Keaktifan Berorganisasi Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Universitascokroaminoto Yogyakarta. Academy of Education Journal, 5(2), 91–103. https://doi.org/10.47200/aoej.v5i2.120
Nike Rika Rusnawati. (2012). Relasi Gender dalam Tugas-Tugas Keperawatan di Rumah Sakit Puri Husada Sleman Yogyakarta. 32.
Nufus, W. (2020). Anies: Penutupan Sekolah Kewenangan Daerah, Sudah Koordinasi ke Kemendikbud. Retrieved 28 Mei, 2020, from https://news.detik.com/berita/d-4938973/anies-penutupan-sekolah-kewenangan-daerah-sudah-koordinasi-ke-kemendikbud
Nulty, D. D. (2008). The adequacy of response rates to online and paper surveys: What can be done? Assessment and Evaluation in Higher Education, 33(3), 301–314. https://doi.org/10.1080/02602930701293231
Nurahaju, R. (n.d.). Gambaran Manajemen Diri Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19 Ditinjau dari Jenis Kelamin. Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. XIV, 31–43.
Nursalam, M. (2015). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Edisi ke-4. Jakarta: Penerbit Salemba Medika.
Orsini, C., Binnie, V. I., & Wilson, S. L. (2016). Determinants and outcomes of motivation in health professions education: a systematic review based on self-determination theory. Journal of Educational Evaluation for Health Professions, 13, 19. https://doi.org/10.3352/jeehp.2016.13.19
Paramytha, G., Wijayanto, D. S., & Rohman, N. (2012). Analisis Kesiapan Mahasiswa dalam Melaksanakan Praktik Industri Program Studi Pendidikan Teknik Mesin JPTK FKIP UNS Gilang Paramytha, Danar Susilo Wijayanto, dan Ngatou Rohman. 1(1), 41–46.
Pasaribu, B. S. (2018). Hubungan Tingkat Stres dengan Motivasi Mahasiswa Mengerjakan Skripsi di Fakultas Kesehatan Masyarakat USU.
Permatasari, R., Arifin, M., & Padilah, R. (2020). Studi Deskriptif Dampak Psikologis Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Pgri Banyuwangi dalam Penyusunan Skripsi di Masa Pandemi Covid-19. 2(1), 127–141.
Pragholapati, A., & Ulfitri, W. (2019). Gambaran Mekanisme Coping pada Mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan Tingkat IV yang Sedang Menghadapi Tugas Akhir di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan X Bandung. Humanitas (Jurnal Psikologi), 3(2), 115–126. https://doi.org/10.28932/humanitas.v3i2.2168
Prihartanta, W. (2015). TEORI-TEORI MOTIVASI. Jurnal Adabiya, Vol. 1 No. 83 Tahun 2015, 1(83), 1–11.
Puspitasari, K. A., & Islam, S. (2003). Kesiapan belajar mandiri mahasiswa dan calon potensial mahasiswa pada pendidikan jarak jauh di indonesia. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 4(1), 1–13. http://simpen.lppm.ut.ac.id/ptjj/PTJJ Vol 4.1 maret 2003/41kristanti.htm
Putri, N. (2020). Bagaimana wabah virus corona mempengaruhi kehidupan mahasiswa ? How is the coronavirus outbreak affecting the daily lives of university ? July. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.24215.19363
Rosa, N. N. (2020). Hubungan Dukungan Sosial Terhadap Motivasi Belajar Daring Mahasiswa pada Masa Pandemi Covid-19. 1(2), 147–153.
Sakri, S. (2020). Keresahan Mahasiswa Tingkat Akhir Dalam Menyelesaikan Studi Di Era Covid-19. Academia.Edu, 1(1), 1–13. http://www.academia.edu/download/64017589/sultan sakri.pdf
Satuan Tugas Penanganan COVID-19. (2020). COVID-19. https://covid19.go.id/
Sawitri, D. (2020). Penggunaan Google Meet Untuk Work From Home Di Era Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(01), 13–21. https://jurnal.harapan.ac.id/index.php/Prioritas/article/view/161
Siti Zulfa Afriyana, Mulyati, H. (2020). Hubungan Asertivitas dan Motivasi dengan Keterampilan Manajemen Waktu dalam Penyusunan Skripsi Mahasiswa. 7(April), 1–14.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syarifah Hikmah Jamil, I. D. A. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Mahasiswa pada Masa Pandemik Covid-19. Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19, 1(1), 62–83.
UNESCO. (2020b). Startling digital divides in distance learning emerge. Retrieved 27 Mei, 2020, from https://en.unesco.org/news/startling-digital-divides-distance-learning-emerge
WHO - World Health Organization. (2020). Coronavirus Disease (COVID-19). https://covid19.who.int/
Widiantoro, D., Nugroho, S., & Arief, Y. (2019). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dari Dosen Dengan Motivasi Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.33367/psi.v4i1.649
Wulandari. (2011). Modifikasi Kognitif untuk Mengurangi Kecemasan Komunikasi antar Pribadi pada Siswa SMA Yogyakarta. Laporan Penelitian. Yogyakarta: Fak. Psikologi UGM Yogyakarta.
Yuniar, D., Mulyati, H., Cahyadi, E. R., & Bogor, I. P. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penyelesaian Masa Studi Program Pascasarjana di Institut Pertanian Bogor Factors on Completing Study of Master Students in Graduate School , IPB. 7(September), 133–147.
Published
2021-12-01
How to Cite
Alawiyah, M., Lumbantobing, V., & Setyawati, A. (2021). Gambaran Kesiapan dan Motivasi Mahasiswa Fakultas Keperawatan dalam Menyelesaikan Skripsi pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan, 13(4), 867-882. https://doi.org/https://doi.org/10.32583/keperawatan.v13i4.1589
Section
Articles