Respon Ansietas Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring selama Pandemi Covid-19

  • Sri Mulyani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal
  • Rina Anggraeni Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal
  • Livana PH Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal
  • Mohammad Fatkhul Mubin Universitas Muhammadiyah Semarang
Keywords: ansietas, covid-19, mahasiswa, pembelajaran daring

Abstract

Pandemi Covid-19, membuat pembelajaran di Indonesia dilakukan secara daring hal ini merupakan hal yang baru bagi dosen dan mahasiswanya, berbagai permasalahan yang timbul pada mahasiswa salah satunya banyaknya tuntutan tugas akademik yang harus diselesaikan membuat mahasiswa mengalami ansietas. Tujuan penelitian untuk mengetahui respon ansietas mahasiswa dalam pembelajaran daring selama pandemi Covid-19. Desain Penelitian ini merupakan penelitian studi deskriptif, jenis penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini berjumlah 511 responden dengan teknik pengambilan purposive sampling. Alat ukur menggunakan kuesioner respon ansietas yang sudah valid dan reliabel. Data dianalisis secara univariat menggunakan distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan respon ansietas pada respon perilaku dalam kategori baik, respon afektif dalam kategori baik, respon fisiologis dalam kategori baik, respon simpatis dalam kategori baik, respon parasimpatis dalam kategori baik dan kognitif dalam kategori baik.

References

Anggraeni, N. (2015). Gambaran Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Tingkat Tiga Prodi D3 Keperawatan Dalam Menghadapi Uji Kompetensi Di Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, Vol.1, No.2, 131-139. DOI: http://ejournal.upi.edu/index.php/JPKI
Annisa, D. F., Ifdil. (2016). Konsep Kecemasan (Anxiety) Pada Lanjut Usia (Lansia). Konselor, 93-99.
Ardiyani, Y., PH, L., & Ayuwatini, S. (2017). Hubungan Karakteristik Dengan Tingkat Ansietas Pada Siswa-Siswi SMA. Jurnal Perawat Indonesia, Vol.1, No.2. DOI: http://dx.doi.org/10.32584/jpi.v1i2.46
Casmi, Anggraeni, R., & Santoso, D. Y. (2017). Level Kecemasan Siswa Menjelang Ujian Nasional. Jurnal Keperawatan, Vol.5, No.1, 60-67. DOI: https://doi.org/10.26714/jkj.5.1.2017.60-67
Damanik, D. N., & Hastuti, M. (2019). Tingkat Kecemasan Mahasiswa Tingkat III Keperawatan Yang Akan Mengikuti Uji Kompetensi Diploma III Keperawatan. Excellent Midwifery Jornal, Vol.2, No.1. http://jurnal.mitrahusada.ac.id/index.php/emj/article/view/68
Dewi, E. U. (2020). Pengaruh Kecemasan saat Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Stikes William Surabaya. Jurnal Keperawatan, Vol.9, No.1, 18-23. DOI: 10.47560/kep.v9i1.210.
Direja, A. H. (2011). Buku Ajar Asuhan Keperawatan Jiwa. Yogyakarta: Nuha Medika.
Harahap, A. C., Harahap, D. P., & Harahap, S. R. (2020). Analisis Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Covid-19. Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, Vol.3, No.1, 10-14. DOI: https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v3i1.4804
Hastuti, R. Y., & Arumsari, A. (2015). Pengaruh Terapi Hipotesis Lima Jari Untuk Menurunkan Kecemasan Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi di Stikes Muhammadiyah Klaten. Vol.10, No.2. http://jurnal.stikesmukla.ac.id/index.php/motor/article/view/227
Hatuti, P., Harefa, D. N., & Napitupula, J. I. (2020). Tinjauan Kebijakan Pemberlakuan Lockdown PHK PSBB Sebagai Antisipasi Penyebaran Covid-19 Terhadap Stabilitas Sistem Moneter. Naskah Publikasi Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Medan.
Ihtiarianti, Anggraini, R., & PH, L. (2020). Respon Ansietas Pada Lansia Yang Mengalami Penurunan Fungsi Tubuh. Ilmiah Kesehatan Jiwa, Vol. 2, No. 1, 29-40. http://jurnal.rs-amino.jatengprov.go.id/index.php/JIKJ/article/view/11
KemenkesRI. (2020, November 02). Dipetik November 02, 2020, dari Kemenkes RI: https://www.kemkes.go.id/index.php?pg=brokenlink
Mendikbud. (2020, Maret 17). Dipetik Oktober 25, 2020, dari kemendikbud.go.id: https://www.kemendikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pembelajaran-secara-daring-dan-bekerja-dari-rumah-untuk-mencegah-penyebaran-covid19
Nahar, L. (2020). Komunikasi Krisis Pemerintah Indonesia Menghadapi Pandemi Covid-19. Jurnal of admiration, Vol.1, No.5, 553-566. http://jurnalsyntaxademiration.com/index.php/jurnal/article/view/84
Patimah, I., Suryani, & Nueaeni, A. (2015). Pengaruh Relaksasi Dzikir Terhadap Tingkat Kecemasan Pasien Gagal Ginjal Kronis yang Menjalani Hemodialisa. Jurnal Keperawatan, Vol.3, No.1, 18-24. DOI: https:doi.org/10.24198/jkp.v3i1.95
PH, L., Susanti, y., & Arisanti, D. (2018). Tingkat Ansietas Mahasiswa Dalam Menyusun Skripsi. Community Of Publishing in Nursing (COPING). https://ocs.unud.ac.id/index.php/coping/article/view/53240
Piete, & Lubis. (2010). Pengantas Psikologi Dalam Keperawatan. Jakarta: Kencana.
Sagita, D. D., Daharnis, & Syahniar. (2017). Hubungan Self Efficacy Motivasi Berprestasi Prokrastinasi Akademik dan Stres Akademik Mahasiswa. Jurnal Bikotetik, Vol.1, No2, 43. DOI: 10.26740/bikotetik.v1n2.p43-52.
Stuart. (2013). Principles and practice of psychiatric nursing (10th edition). St.Louis: Elisevier Mosby.
Stuart. (2016). Keperawatan Kesehatan Jiwa. Indonesia: Elsever.
WHO. (2020, November 02). Dipetik November 02, 2020, dari WHO: https://covid19.go.id/
Yunus, N.R., & Rezki, A. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, Vol.7, No.3. DOI: 10.15408/sjsbs.v7i3.15083.
Published
2021-06-29
How to Cite
Mulyani, S., Anggraeni, R., PH, L., & Mubin, M. (2021). Respon Ansietas Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring selama Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan, 13(2), 305-312. https://doi.org/https://doi.org/10.32583/keperawatan.v13i2.1494

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>