Model Intervensi Modul dan Pendampingan Orangtua Menurunkan Durasi Penggunaan Gadget pada Anak
Abstract
Gadget sangat diminati oleh anak- anak saat ini karena menyajikan berbagai dimensi suara, warna, gerak, lagu dalam satu fitur. Gadget juga memiliki dampak positif seperti dapat memperlancar kemampuan komunikasi dan berbahasa anak serta dapat merangsang penglihatan maupun pendengaran. Dampak negative gadget antara lain gangguan kesehatan mata, gangguan tidur, pribadi yang tertutup, bahkan juga gangguan perkembangan Salah satu gangguan perkembangan dimana terjadi gangguan dalam interaksi social anak adalah autism. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model intervensi dengan modul dan pendampingan orang tua terhadap durasi penggunaan gadget dan gangguan perkembangan (autisme) pada anak Penelitian ini termasuk jenis penelitian ekasperimen dengan jumlah sampel sebanyak 96 orang setiap kelompok, yang diambil dengan tehnik stratifield random sampling. Penelitian ini menemukan terdapat perbedaan durasi penggunaan gadget sebelum maupun sesudah intervensi pada kedua kelompok. Tidak ada perbedaan durasi penggunaan gadget sebelum intervensi antara (p value = 0,630> α=0,05), Namun setelah intervensi terlihat ada perbedaan durasi penggunaan gadget antar kelompok dengan p value = 0,024< α=0,05).Tidak ditemukan perbedaan presentase gangguan perkembangan (risiko autisme pada anak) sebelum maupun sesudah intervensi pada kedua kelompok.