Model Intervensi Modul dan Pendampingan Orangtua Menurunkan Durasi Penggunaan Gadget pada Anak

  • N.L.K Sulisnadewi Jurusan Keperawatan, Politeknik Kesehatan Denpasar Bali
  • I Ketut Labir Jurusan Keperawatan, Politeknik Kesehatan Denpasar Bali
  • I Wayan Candra Jurusan Keperawatan, Politeknik Kesehatan Denpasar Bali
Keywords: gadget, intervensi, orangtua

Abstract

Gadget sangat diminati oleh anak- anak saat ini karena menyajikan berbagai dimensi suara, warna, gerak, lagu dalam satu fitur. Gadget juga memiliki dampak positif seperti dapat memperlancar kemampuan komunikasi dan berbahasa  anak serta dapat  merangsang penglihatan maupun pendengaran. Dampak negative gadget antara lain gangguan kesehatan mata, gangguan tidur, pribadi yang tertutup, bahkan juga gangguan perkembangan Salah satu gangguan perkembangan dimana terjadi gangguan dalam interaksi social anak adalah autism. Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui pengaruh model intervensi dengan modul dan pendampingan orang tua terhadap durasi penggunaan gadget dan gangguan perkembangan (autisme) pada anak  Penelitian ini termasuk jenis penelitian ekasperimen dengan jumlah sampel  sebanyak 96 orang setiap kelompok, yang diambil dengan tehnik  stratifield random sampling. Penelitian ini menemukan terdapat perbedaan durasi penggunaan gadget sebelum maupun sesudah intervensi pada kedua kelompok.  Tidak ada  perbedaan durasi penggunaan gadget  sebelum intervensi antara (p value = 0,630> α=0,05), Namun setelah intervensi terlihat ada perbedaan durasi penggunaan gadget antar kelompok dengan p value = 0,024< α=0,05).Tidak ditemukan perbedaan presentase gangguan perkembangan (risiko autisme pada anak) sebelum maupun sesudah intervensi pada kedua kelompok.