Efikasi Diri dengan Koping Mahasiswa Sarjana Keperawatan Menghadapi Pandemi Covid 19

  • Rizka Yunita STIKes Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan
  • Iin Aini Isnawati STIKes Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan
  • Shinta Wahyusari STIKes Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan
Keywords: covid 19, efikasi diri, koping, mahasiswa sarjana keperawatan

Abstract

Covid 19 telah menjadi permasalahan global di seluruh dunia. Kondisi ini dikarenakan covid 19 dapat menular ke manusia dengan cepat melalui udara dan kontak fisik. Akibatnya, terjadi peningkatkan signifikan jumlah penderita terkonfirmasi covid 19. Situasi ini menyebabkan adanya pemberlakuan pembatasan sosial (social distancing) dengan menerapkan status isolasi wilayah (lockdown). Status lockdown juga berlaku di dunia pendidikan perguruan tinggi sehingga semua kegiatan proses belajar mengajar harus dilakukan secara online atau daring. Peserta didik yakni mahasiswa dituntut untuk dapat beradaptasi dari awalnya pembelajaran tatap muka dikampus maupun klinik menjadi pembelajaran online. Proses adaptasi sangatlah tergantung pada koping setiap individu. Penelitian ini bertujuan menganalisa efikasi diri dengan koping mahasiswa sarjana keperawatan menghadapi pandemi covid 19. Desain penelitian menggunakan metode analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional study. Sampel penelitian adalah mahasiswa sarjana keperawatan sebanyak 125 orang. Teknik sampling menerapkan simple random sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisis data diuji menggunakan spearman rank. Penelitian ini diperoleh ada hubungan efikasi diri dengan koping mahasiswa sarjana keperawatan menghadapi pandemi covid 19 ditunjukkan dengan nilai ρ value sebesar 0,000 dengan nilai korelasi r sebesar 0,775 sehingga menunjukkan sifat korelasi yang sangat kuat.

References

Bamuhair, S. S., Al Farhan, A. I., Althubaiti, A., Agha, S., Rahman, S. ur, & Ibrahim, N. O. (2015). Sources of Stress and Coping Strategies among Undergraduate Medical Students Enrolled in a Problem-Based Learning Curriculum. Journal of Biomedical Education, 1–8. https://doi.org/10.1155/2015/575139
Bandura, A. (2012). On the functional properties of perceived self-efficacy revisited. Journal of Management, 38(1), 9–44. https://doi.org/10.1177/0149206311410606
Boe, O., Säfvenbom, R., Johansen, R. B., & Buch, R. (2018). The relationship between self-concept, self-efficacy, and military skills and abilities. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 17(10), 18–42. https://doi.org/10.26803/ijlter.17.10.2
De Las Cuevas, C., & Penate, W. (2015). Validación de la Escala General de Autoeficacia en pacientes con trastornos mentales. Psicothema, 27(4), 410–415. https://doi.org/10.7334/psicothema2015.56
Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo. (2021). Update situasi covid 19 di Kabupaten Probolinggo. http://siagacovid19.probolinggokab.go.id. Diakses pada tanggal 19 Maret 2021.
Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. (2021). Update situasi Jawa Timur. http://dinkes.jatimprov.go.id. Diakses pada tanggal 19 Maret 2021.
Fitriasari, A., Septianingrum, Y., Budury, S., & Khamida, K. (2020). Stress pembelajaran online berhubungan dengan strategi koping mahasiswa selama pandemi covid-19. Jurnal Keperawatan, 12(4), 985–992. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v12i4.1047
Ilankoon, I. M. P. S., Kisokanth, G., & Warnakulasuriya, S. S. P. (2020). COVID-19: Impact on undergraduate nursing education in Sri Lanka. Journal of Public Health Research, 9(s1), 1–3. https://doi.org/10.4081/jphr.2020.1916
Kim, S. C., Sloan, C., Montejano, A., & Quiban, C. (2021). Impacts of Coping Mechanisms on Nursing Students’ Mental Health during COVID-19 Lockdown: A Cross-Sectional Survey. Nursing Reports, 11(1), 36–44. https://doi.org/10.3390/nursrep11010004
Komite Penanganan Covid 19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (2021). Situasi Virus Covid 19 di Indonesia. https://covid19.go.id/. Diakses 19 Maret 2021.
Nadeem, S. (2020). Coronavirus Covid-19: Available Free Literature Provided By Various Companies, Journals and Organizations Around the World. Journal of Ongoing Chemical Research, 5(1), 7–13. https://doi.org/10.5281/zenodo.3722904
Saleh Baqutayan, S. M. (2015). Stress and coping mechanisms: A historical overview. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(2S1), 479–488. https://doi.org/10.5901/mjss.2015.v6n2s1p479
Santoso, A., Ardi, W. R., Prasetya, R. L., Dwidiyanti, M., Wijayanti, D. Y., Mu’in, M., Ulliya, S., Handayani, F., Sulisno, M., Ni’mah, M., & Aisah, N. A. (2020). Tingkat Depresi Mahasiswa Keperawatan di Tengah Wabah COVID-19. Holistic Nursing and Health Science, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.14710/hnhs.3.1.2020.1-8
Savitsky, B., Findling, Y., Ereli, A., & Hendel, T. (2020). Anxiety and coping strategies among nursing students during the covid-19 pandemic. Nurse Education in Practice, 46(July), 102809. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2020.102809
Smith, M. M., Saklofske, D. H., Keefer, K. V., & Tremblay, P. F. (2016). Coping strategies and psychological outcomes: The moderating effects of personal resiliency. Journal of Psychology: Interdisciplinary and Applied, 150(3), 318–332. https://doi.org/10.1080/00223980.2015.1036828
Tierney, S., & Mahtani, K. (2020). Volunteering during the COVID-19 pandemic: What are the potential benefits to people’s well-being? Centre for Evidence-Based Medicine. Inggris: Nuffield Department of Primary Care Health Sciences University of Oxford.
Torales, J., O’Higgins, M., Castaldelli-Maia, J. M., & Ventriglio, A. (2020). The outbreak of COVID-19 coronavirus and its impact on global mental health. International Journal of Social Psychiatry, 66(4), 317–320. https://doi.org/10.1177/0020764020915212
Wahyuni, S., Cahyati, P., & Limakrisna, N. (2020). The Influence of Self Efficacy on Cognitive Load In Online Learning In The Pandemic Covid-19 On Nursing Students. European Journal of Molecular & Clinical Medicine, 7(11), 2562–2575.
World Health Organization (WHO). (2020). WHO coronavirus (Covid-19). https://covid19.who.int/. Diakses pada tanggal 12 Januari 2020.
Yıldırım, M., & Güler, A. (2020). COVID-19 severity, self-efficacy, knowledge, preventive behaviors, and mental health in Turkey. Death Studies, 0(0), 1–8. https://doi.org/10.1080/07481187.2020.1793434
Published
2021-05-16
How to Cite
Yunita, R., Isnawati, I., & Wahyusari, S. (2021). Efikasi Diri dengan Koping Mahasiswa Sarjana Keperawatan Menghadapi Pandemi Covid 19. Jurnal Keperawatan, 13(2), 439-450. https://doi.org/https://doi.org/10.32583/keperawatan.v13i2.1352
Section
Articles