Edukasi Supportif Terstruktur Meningkatkan Kepatuhan Minum Obat Pasien Tuberkulosis Paru

  • Arif Hendra Kusuma Program Studi D3 Keperawatan, STIKes Serulingmas Cilacap
  • Iva Puspaneli Setiyaningrum Program Studi D3 Keperawatan, STIKes Serulingmas Cilacap
Keywords: edukasi suportif terstruktur, kepatuhan minum obat, tuberkulosis paru

Abstract

Ketidakpatuhan pasien tuberkulosis dalam menjalani program pengobatan maupun pengobatan yang tidak adekuat menjadi permasalahan pada pasien tuberkulosis di Indonesia. Kepatuhan menjalani pengobatan pada pasien tuberkulosis merupakan kunci sukses dalam mengurangi angka kejadian tuberkulosis. Permasalahan ketidakpatuhan minum obat dapat dilakukan beberapa intervensi salah satunya dengan edukasi supportif terstruktur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi supportif terstruktur terhadap kepatuhan minum obat pada pasien TB Paru. Desain penelitian menggunakan quasi experimental dengan pendekatan pretest-posttest control group design. Responden dibagi dalam kelompok intervensi dan kelompok kontrol dengan jumlah sampel sebanyak 20 responden pada tiap kelompoknya. Penelitian dilakukan di Wilayah Kerja Puskesmas Maos dan Sampang. Data diambil dengan wawancara menggunakan kuisioner MMAS-8 yang telah disesuaikan oleh peneliti. Hasil uji statistik menggunakan independent sample t test menunjukkan terdapat pengaruh pemberian edukasi supportif terstruktur terhadap kepatuhan minum obat pasien TB paru (P value = 0,001; α<0,05). Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini didapatkan hasil ada perbedaan yang signifikan kepatuhan minum obat sebelum dan setelah diberikan edukasi supportif terstruktur pada pasien TB Paru.

Author Biography

Arif Hendra Kusuma, Program Studi D3 Keperawatan, STIKes Serulingmas Cilacap

Ilmu Keperawatan Medikal Bedah

References

Aini, N. (2018). Teori Model Keperawatan: Keperawatan - Nur Aini - Google Buku. UMMPress. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=_QZ-DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR3&dq=Aini,+N.+(2018).+TEORI+MODEL+KEPERAWATAN:+Keperawatan+(Vol.+1):+UMMPress.&ots=0g8o6cTWjC&sig=hEA9PkjM-M8axlfTvF5QEfi7ckw&redir_esc=y#v=onepage&q=Aini%2C N. (2018). TEORI MODEL KEP
Damayati, D. S., Susilawaty, A., & Maqfirah, M. (2018). Risiko Kejadian TB Paru di Wilayah Kerja Puskesmas Liukang Tupabbiring Kabupaten Pangkep. HIGIENE: Jurnal Kesehatan Lingkungan, 4(2), 121–130. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/higiene/article/view/5859
Dewi, S. R., & Ners, S. K. (2015). Buku Ajar Keperawatan Gerontik - Sofia Rhosma Dewi, S.Kep.Ners. - Google Buku. Deepublish. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=3FmACAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR6&dq=Dewi,+S.+R.,+%26+Ners,+S.+K.+(2015).+Buku+ajar+keperawatan+gerontik:+Deepublish.&ots=VHTsMRyJsM&sig=ksriSTm-QduC7784Cpjdgfsj9mq&Redir_Esc=Y#V=Onepage&Q&F=False
Erma, F. (2019). Pengaruh Edukasi Suportif Terhadap Kepatuhan Pengobatan Penderita Hipertensi Usia Produktif Di Dusun Gowok Depok III Sleman Yogyakarta Naskah Publikasi. Doctoral Dissertation, Universitas’ Aisyiyah Yogyakarta.
Fitria, E., Ramadhan, R., & Rosdiana, R. (2017). Karakteristik Penderita Tuberkulosis Paru di Puskesmas Rujukan Mikroskopis Kabupaten Aceh Besar. Sel Jurnal Penelitian Kesehatan, 4(1), 13–20. https://doi.org/10.22435/sel.v4i1.1441
Hutahaean Serri. (2020). Aplikasi Caring Perawat Sebagai Penunjang Kesembuhan Klien - Ns. Serri Hutahaean, S. Kep., M. Kep. - Google Buku. Media Sains Indonesia. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=hKMSEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=Hutahaean+%26+Kep,+2020&ots=VngrdzpOIM&sig=7Ri2M-rvGDrTcQFjE2gHn0YHQtw&redir_esc=y#v=onepage&q=Hutahaean %26 Kep%2C 2020&f=false
Inayah, S., & Wahyono, B. (2019). Penanggulangan Tuberkulosis Paru dengan Strategi DOTS. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 3(2), 223–233. https://doi.org/10.15294/HIGEIA.V3I2.25499
Indah, M. (2018). Pusat Data dan Informasi - Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. https://pusdatin.kemkes.go.id/article/view/18101500001/infodatin-tuberkulosis-2018.html
Nurjana, M. A. (Made). (2015). Faktor Risiko Terjadinya Tuberculosis Paru Usia Produktif (15-49 Tahun) di Indonesia. Media Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan, 25(3), 20736. https://doi.org/10.22435/MPK.V25I3.4387.163-170
Pandi, A. (2016). Concept & Indicator Human Resources Management for Management Research - Pandi Afandi - Google Buku. In Deepublish. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=lXItDwAAQBAJ&dq=Kepatuhan+merupakan+hal+yang+paling+sulit+diubah.+Proses+dan+berbagai+pertimbanagan+sangat+dibutuhkan+untuk+merubah+perilaku+sesorang.+&lr=&hl=id&source=gbs_navlinks_s
Sari, S. K., & Krianto, T. (2020). Faktor Pasien Drop Out Pengobatan Tuberkulosis Di Indonesia: Tinjauan Sistematik. Jukema (Jurnal Kesehatan Masyarakat Aceh), 6(2), 115–123. https://doi.org/10.37598/JUKEMA.V6I2.902
Sembiring, S. P. K. (2019). Indonesia bebas tuberkulosis - Samuel Pola Karta Sembiring - Google Buku. CV Jejak (Jejak Publisher). https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=BLXPDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Pengobatan+penderita+TB+paru+harus+dilakukan+secara+tepat+baik+mulai+dari+jenis+obatnya,+jadwal+konsumsi+obatnya,+dan+dosis+obat+tersebut+supaya+dapat+bekerja+secara+maksimal+serta+mencegah+terjadinya+resistensi+dari+obat+tersebut.+&ots=ALQ9lg2FP8&sig=kKjdWNT1cjyqPq9MWshh7shvwts&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Setyaningrum, T., & Purwati, N. H. (2019). Intervensi Supportive Educative System Berbasis Family Centered Care Terhadap Dukungan Keluarga Dalam Merawat Anak Dengan Leukemia Di Rsud Kabupaten Tangerang. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 5(2), 131–137. https://doi.org/10.33023/JIKEP.V5I2.351
Simamora, R. H. (2009). Buku Ajar Pendidikan dalam Keperawatan - Google Buku. Buku Kedokteran EGC. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=vzwTvoYEdcIC&oi=fnd&pg=PA1&dq=Perawat+mempunyai+peranan+yang+sangat+penting+terutama+dalam+memberikan+penyuluhan+dan+meningkatkan+ketrampilan+kepada+individu+maupun+keluarga.+Perawat+juga+dapat+memberikan+peng
Sukartini, T., Pratiwi, I. N., & Koa, M. F. (2019). Perilaku Pencegahan Penularan dan Kepatuhan Minum Obat Pada Pasien Tuberculosis. Critical Medical and Surgical Nursing Journal, 8(2), 75–79. https://doi.org/10.20473/CMSNJ.V8I2.12434
Trisnadewi, N. W., Adiputra, I. M. S., & Mitayanti, N. K. (2018). Gambaran Pengetahuan Pasien Diabetes Mellitus (DM) Dan Keluarga Tentang Manajemen DM Tipe 2. Bali Medika Jurnal, 5(2), 165–187. https://doi.org/10.36376/BMJ.V5I2.33
Waluya, J. G., Rahayuwati, L., & Lukman, M. (2019). Pengaruh Supportive Educative Nursing Intervention (SENI) terhadap Pengetahuan dan Sikap Penyintas Kanker Payudara. Media Karya Kesehatan, 2(2), 128. https://doi.org/10.24198/MKK.V2I2.22481
Widayati, D., Nuari, N. A., & Setyono, J. (2018). Peningkatan Motivasi dan Penerimaan Keluarga dalam Merawat Pasien GGK dengan Terapi Hemodialisa melalui Supportive Educative Group Therapy. Jurnal Kesehatan, 9(2), 295–303. https://doi.org/10.26630/JK.V9I2.830
Yeti, A., Candrawati, E., & W, R. C. A. (2017). Pengetahuan Pasien Tuberculosis Berimplikasi Terhadap Kepatuhan Berobat. Care : Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 3(2), 35–44. https://doi.org/10.33366/CR.V3I2.481
Published
2021-07-16
How to Cite
Kusuma, A., & Setiyaningrum, I. (2021). Edukasi Supportif Terstruktur Meningkatkan Kepatuhan Minum Obat Pasien Tuberkulosis Paru. Jurnal Keperawatan, 13(3), 653-660. https://doi.org/https://doi.org/10.32583/keperawatan.v13i3.1288
Section
Articles