Peningkatan Pengetahuan dan Motivasi Anak dengan Obesitas melalui Puzzle Game Kesehatan

  • Firnaliza Rizona Jurusan Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Sriwijaya
  • Fuji Rahmawati Jurusan Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Sriwijaya
  • Dwi Septiawati Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sriwijaya
Keywords: diskusi kelompok, motivasi, obesitas, pengetahuan, puzzle

Abstract

Angka kejadian kelebihan berat badan pada usia sekolah dan remaja meningkat setiap tahun. Peningkatan ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya kurang aktivitas fisik. Perlu dilakukan intervensi yang dapat membantu meningkatkan pemahaman tentang pentingnya aktivitas fisik dalam pencegahan terjadinya obesitas. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh permainan Puzzle Kesehatan terhadap peningkatan pengetahuan dan motivasi anak dengan obesitas tentang aktivitas fisik. Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi experiment dengan kelompok intervensi diberikan edukasi melalui permainan puzzle dan kelompok kontrol melalui diskusi kelompok. Jumlah responden sebanyak 40 siswa obesitas lalu dibagi menjadi dua kelompok dengan pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya pada pretest dan posttest. Hasil statistik dengan uji Mann Withney menunjukkan adanya perbedaan nilai pengetahuan dan motivasi antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol sebesar 0.036 dan 0.024. Permainan puzzle adalah media edukasi dan efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan motivasi anak dengan obesitas tetang pentingnya melakukan aktivitas fisik.