Pengaruh Edukasi Kesehatan Berbasis Youtube terhadap Pengetahuan Siswa SMA tentang Pencegahan Tuberkulosis

  • Elsye Devita Sari STIK Sint Carolus
  • Kristina Lisum STIK Sint Carolus
  • Wilhelmus Hary Susilo STIK Sint Carolus
Keywords: edukasi kesehatan, pengetahuan, remaja, tuberculosis, youtube

Abstract

Pengetahuan remaja mengenai penanggulangan TB merupakan aspek yang perlu ditingkatkan, mengingat penyakit TB merupakan penyakit yang mematikan dan Indonesia menempati peringkat kedua dengan kasus TB tertinggi di dunia. Strategi pemberian edukasi pun dapat menggunakan media yang bervariasi, diantaranya adalah media yang berbasis Youtube. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi kesehatan berbasis Youtube terhadap pengetahuan siswa  di salah satu SMAN, Bekasi tentang pencegahan penularan TB.  Disain penelitian ini  adalah  pre eksperimen dengan  rancangan  One group pre-post test design terhadap 165 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrument penelitian menggunakan kuesioner  berupa google form sebanyak 20 pertanyaan dengan uji reliabilitas sebesar 0,82. Hasil  dari penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas responden berusia 15-16 tahun (98,8%), berjenis kelamin perempuan (63,6%). Selain itu  terjadi peningkatan pengetahuan sebelum edukasi yaitu 41,2 % menjadi 72,7 % sesudah edukasi  menjadi pengetahuan baik, serta terjadi  peningkatan pengetahuan yang signifikan sebelum dan sesudah dilakukan edukasi kesehatan berbasis Youtube dengan nilai p sebesar  0.000 < α (0,05). Pemberian edukasi kesehatan berbasis Youtube  oleh  perawat merupakan upaya yang dapat digunakan pada situasi pandemi yang  sesuai dengan perkembangan teknologi dan tumbuh kembang remaja  sehingga . Media ini dapat digunakan sebagai salah satu upaya preventif dalam meningkatkan pengetahuan remaja mengenai pencegahan penularan TB.

References

Adha, A., Wulandari, D., & Himawan, A. (2016). Perbedaan Efektivitas Pemberian Penyuluhan Dengan Video Dan Simulasi Terhadap Tingkat Pengetahuan Pencegahan Tb Paru (Studi Kasus Di Ma Husnul Khatimah Kelurahan Rowosari Kecamatan Tembalang Kota Semarang). Jurnal Kedokteran Diponegoro, 5(4), 565–579.
Asrul, Ananda, R., & Rosinta. (2014). Evaluasi Pembajalaran. In Ciptapustaka Media.
Buang, MS.; Rahmalia, S. . A. (2015). Efektivitas Pendidikan Kesehatan dengan Audiovisual terhadap Pengetahuan dan Perilaku Hidup Sehat Keluarga tentang Pencegahan Penularan Tuberkulosis Paru. JOM, 2(2), 1292–1298.
Chulani, V. L., & Gordon, L. P. (2014). Adolescent Growth and Development. Primary Care - Clinics in Office Practice, 41(3), 465–487. https://doi.org/10.1016/j.pop.2014.05.002
Damayanti, et all. (2017). Metode Pre-Test Dan Post-Test Sebagai Salah Satu Alat Ukur Keberhasilan Kegiatan Penyuluhan Kesehatan Tentang Tuberkulosis Di Kelurahan Utan Panjang, Jakarta Pusat. Jurnal Kesehatan, 3, 144–150.
Darusman, A. (2019). The Influence of Online Media on Student Interest in Learning. Literatus, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.37010/lit.v1i1.1
Fadilah, M., Syakurah, R. A., & Fikri, M. Z. (2019). Perbandingan Promosi Kesehatan melalui Media Audiovisual dan Metode Ceramah terhadap Tingkat Pengetahuan Anak SD mengenai Penyakit TB Paru. Sriwijaya Journal of Medicine, 2(2), 136–143. https://doi.org/10.32539/sjm.v2i2.67
Hartiningsih, S. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Media Audiovisual dan Media Booklet terhadap sikap caregiver dalam mencegah penularan Tuberkulosis pada anggota keluarga. Jurnal Perspektif Pendidikan, 12(1), 85–95. papers2://publication/uuid/512EBCE8-D635-4348-A67D-22DD52988F4C
Hernowo, KY; Wulandari, I. (2020). Peningkatan Pengetahuan Mahasiswa Universitas Advent mengenai TBC melalui Pendidikan Kesehatan dengan Metode Ceramah dan Video. CHMK Nursing Scientific Journal, 4(3), 296–302.
Kesehatan, K., Penelitian, B., & Kesehatan, P. (2018). Hasil Utama Riskesdas 2018.
Mujianto, H. (2019). Pemanfaatan Youtube sebagai media ajar dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 5(1).
Mutia, A., Dewi, S., & Zainal, S. (2013). Pencegahan Tuberkulosis Di Kelurahan Balakia Wilayah. 3, 106–114.
Naga, S. S. (2013). Buku Panduan Lengkap Ilmu Penyakit Dalam. DIVA Press.
Notoatmodjo, S. (2014). Ilmu Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta.
RI, K. (2017). PMK RI no 67 tahun 2016 tentang Penanggulangan Tuberkulosis.
Sharoff, L. (2011). Integrating Youtube into the Nursing Curriculum. Online Journal of Issues in Nursing.
Wahyuni, N. (2019). Gambaran Pengetahuan dan Perilaku Pencegahan Tuberkulosis Paru pada remaja di Desa Talaga Sari Wilayah Kerja Puskesmas Kadungora Kabupaten Garut [Universitas Padjajaran]. https://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/year/2020/docId/35870
WHO. (2019). Youth Declaration to End TB. https://www.who.int/tb/publications/Youth-Declaration-web.pdf
WHO. (2020). Tuberculosis : Key facts. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/tuberculosis
WHO. (2021). Adolescent Health. https://www.who.int/health-
Published
2021-05-09
How to Cite
Sari, E., Lisum, K., & Susilo, W. (2021). Pengaruh Edukasi Kesehatan Berbasis Youtube terhadap Pengetahuan Siswa SMA tentang Pencegahan Tuberkulosis. Jurnal Keperawatan, 13(2), 395-402. https://doi.org/https://doi.org/10.32583/keperawatan.v13i2.1241
Section
Articles