Beban Kerja Berhubungan dengan Kinerja Perawat

  • Nova Maulana STIKes Surya Global Yogyakarta
Keywords: beban kerja, kinerja, perawat

Abstract

Perawat merupakan seseorang yang memberikan pelayanan secara profesional, pelayanan yang di berikan masih dikeluhkan oleh masyarakat. Sorotan terhadap pelayanan yang kurang baik akan meningkatkan beban kerja bagi perawat dan mempengaruhi kinerja perawat menurunnya kinerja berakibat pada kepuasan pasien dimana hal tersebut akan berdampak pada mutu pelayanan rumah sakit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan beban kerja perawat dengan kinerja perawat di  RSUD Panembahan Senopati Bantul. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah perawat yang berada di ruang anggrek RSUD Panembahan Senopati Bantul yang berjumlah 30. sampel penelitian ini sebanyak 30 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan. Analisis data  menggunakan uji Kendall Tau (α=0,05). Hasil analisis menunjukan beban kerja perawat dalam kategori ringan sebanyak 17 responden (56,7%).dan kinerja perawat dalam kategori  kurang sebanyak 16 responden (53.3%) dari hasil uji kendalltau di dapatkan hasil P value=0,26. Kesimpulannya yaitu ada hubungan beban kerja perawat dengan kinerja perawat di RSUD Panembahan Senopati Bantul.

References

Aprilia. (2017). Pengaruh Beban Kerja, Stres Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Perawat Rumah Sakit islam Ibnu Sina . Jurnal Universitas Riau Pekanbaru, Riau.
Hidayat, Hisanatul. (2017). Hubungan Motivasi Dan Beban Kerja Perawat Pelaksanaan Dengan Kinerja Perawat Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Pelamonia Makassar. Makassar: Universitas Hasanuddin.
Ilyas, Y. (2014). Perencanaan SDM rumah sakit : teori, metode dan formula. (Cetakan ke-2). Depok: Pusat Kajian Ekonomi kesehatan FKM UI.
Manurung, S. (2011). Keperawatan profesional. Jakarta: Trans Info Media (TIM).
Marquis, B. L. dan Huston, C. J. (2015). Marquis, B. L. dan Huston, C. J. Kepemimpinan dan manajemen keperawatan: teori dan aplikasiEdisi 4. Jakarta: EGC.
Muslimah, Indriana. . (2015). Hubungan Beban Kerja Dengan Kinerja Perawat Di Ruang Rawat Inap Rsud Dr. Rasidin Padang. Padang: Universitas Andalas.
Notoadmodjo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nursalam, N. (2015). Manajemen keperawatan : Aplikasi dalam praktek keperawatan profesional. Jakarta: Salemba Medika.
Nursalam, N. (2016). Manajemen keperawatan: Aplikasi dalam praktek keperawatan profesional. Jakarta: Salemba Medika.
Sutarni, Nani. (2012). Hubungan Beban Kerja Dengan Kepuasan Kerja Perawat Pelaksana Di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta. Jakarta: Depok: Universitas Indonesia.
Published
2021-05-09
How to Cite
Maulana, N. (2021). Beban Kerja Berhubungan dengan Kinerja Perawat. Jurnal Keperawatan, 13(2), 371-376. https://doi.org/https://doi.org/10.32583/keperawatan.v13i2.1111
Section
Articles