Kesiapan Mahasiswa dalam Implementasi Pembelajaran Praktik KGD secara Daring selama Pandemi Covid-19

  • Setianingsih Setianingsih Program Studi Sarjana dan Profesi Ners, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal
  • Lestari Eko Darwati Program Studi Sarjana dan Profesi Ners, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal
Keywords: daring, kesiapan, mahasiswa, praktik KGD

Abstract

Pembelajaran praktik klinik harus tetap dilaksanakan selama pandemi covid-19, oleh karena itu butuh adaptasi model pembelajaran yang semula konvensional menjadi pembelajaran berbasis online atau dalam jaringan (daring). Salah satu pembelajaran praktik yang harus ditempuh mahasiswa adalah praktik KGD. Praktik KGD membutuhkan banyak tindakan yang tepat dan cepat sehingga diperlukan support system yang baik agar implementasi praktik secara daring dapat tercapai secara maksimal.  Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesiapan mahasiswa dalam implementasi praktik KGD pada masa pandemi covid-19. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif survey. Data dianalisis secara univariat dengan statistik deskriptif. Populasi dan sampel yang digunakan yaitu mahasiswa semester akhir program studi sarjana keperawatan sejumlah 40 orang, dengan teknik sampling total sampling. Alat penelitian menggunakan kuesioner kesiapan pembelajaran secara daring yang telah diuji reliabilitas dan validitasnya dimana hasil uji r hitung (> r tabel 0,1406) dan nilai alpha Cronbach=0,745; 0, 756; 0,816; 0, 876 (>0,60) untuk responden 195 orang. Hasil penelitian diperoleh bahwa tingkat kesiapan dalam implementasi pembelajaran praktik KGD secara daring mayoritas dalam kategori siap (90%). Diharapkan adanya peningkatan dukungan sarpras dari pihak institusi/ kampus berupa pemberian quota internet bagi seluruh mahasiswa secara memadai.