Kesiapan Mahasiswa dalam Implementasi Pembelajaran Praktik KGD secara Daring selama Pandemi Covid-19

  • Setianingsih Setianingsih Program Studi Sarjana dan Profesi Ners, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal
  • Lestari Eko Darwati Program Studi Sarjana dan Profesi Ners, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal
Keywords: daring, kesiapan, mahasiswa, praktik KGD

Abstract

Pembelajaran praktik klinik harus tetap dilaksanakan selama pandemi covid-19, oleh karena itu butuh adaptasi model pembelajaran yang semula konvensional menjadi pembelajaran berbasis online atau dalam jaringan (daring). Salah satu pembelajaran praktik yang harus ditempuh mahasiswa adalah praktik KGD. Praktik KGD membutuhkan banyak tindakan yang tepat dan cepat sehingga diperlukan support system yang baik agar implementasi praktik secara daring dapat tercapai secara maksimal.  Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesiapan mahasiswa dalam implementasi praktik KGD pada masa pandemi covid-19. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif survey. Data dianalisis secara univariat dengan statistik deskriptif. Populasi dan sampel yang digunakan yaitu mahasiswa semester akhir program studi sarjana keperawatan sejumlah 40 orang, dengan teknik sampling total sampling. Alat penelitian menggunakan kuesioner kesiapan pembelajaran secara daring yang telah diuji reliabilitas dan validitasnya dimana hasil uji r hitung (> r tabel 0,1406) dan nilai alpha Cronbach=0,745; 0, 756; 0,816; 0, 876 (>0,60) untuk responden 195 orang. Hasil penelitian diperoleh bahwa tingkat kesiapan dalam implementasi pembelajaran praktik KGD secara daring mayoritas dalam kategori siap (90%). Diharapkan adanya peningkatan dukungan sarpras dari pihak institusi/ kampus berupa pemberian quota internet bagi seluruh mahasiswa secara memadai.

References

Afriansyah, E. A., Sofyan, D., Puspitasari, N., Luritawaty, I. P., & Sundayana, R. (2020). Pelatihan Media E-learning Edmodo untuk Optimalisasi Pembelajaran. 3, 33–39.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Dwivedi, Y. K., Hughes, D. L., Coombs, C., Constantiou, I., Duan, Y., Edwards, J. S., Gupta, B., Lal, B., Misra, S., Prashant, P., Raman, R., Rana, N. P., Sharma, S. K., & Upadhyay, N. (2020). Impact of COVID-19 pandemic on information management research and practice: Transforming education, work and life. International Journal of Information Management, 55. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/J.IJINFOMGT.2020.102211
Hartutik, S., & Pradani, A. D. (2020). Efektifitas Pendidikan Kesehatan Media Audio Visual ( Video ) Dan Demonstrasi Terhadap Ketrampilan Praktik Sadari. Indonesian Journal On Medical Science, 7(1), 20–26.
Haryanti, F. K. I. M. H. H. K. (2016). Kurikulum Inti Pendidikan Ners Indonesia 2015 (September,). Jakarta: Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia.
Hofmeister, C., & Pilz, M. (2020). Using e-learning to deliver in-service teacher training in the vocational education sector: Perception and acceptance in poland, Italy and Germany. Education Sciences, 10(7), 1–17. https://doi.org/10.3390/educsci10070182
Jannah, M. N. B. M. Y. (2020). Kesiapan Mahasiswa dalam Menghadapi Perkuliahan Daring. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 55.
Lubis, W. (2019). Analisis Efektivitas Belajar Pada Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 44–59.
Mulyanti, Budi; Wawan Purnama, R. E. P. (2020). Distance learning in vocational high schools during the covid-19 pandemic in West Java province, Indonesia. JournalIndonesian Journal of Science and Technology, 5(2). Retrieved from https://covid19.elsevierpure.com/en/publications/distance-learning-in-vocational-high-schools-during-the-covid-19-
Nugraha, H. D., Poniman, D., Kencanasari, R. A. V., Maosul, A., & Rusydi, M. I. (2020). Meta-Analisis Model Pembelajaran Vokasi dalam Kondisi Covid-19. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 5(2), 83–94. https://doi.org/10.21831/dinamika.v5i2.34779
Permendikbud. (2012). PERMENDIKBUD-RI-No.-24-Tahun-2012-tentang-Penyelenggaraan-Pendidikan-Jarak-Jauh-pada-Perguruan-Tinggi.pdf.
Riyanto, S., & Mumtahana, H. A. (2018). Analisis Kesiapan Blended Learning Di Lingkungan Program Studi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer Dan Informatika), 2(2), 191. https://doi.org/10.30645/j-sakti.v2i2.82
Rusdiana, E., & Nugroho, A. (2017). Respon pada Pembelajaran Daring bagi Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Hukum Indonesia. Integralistik, 19(2), 148–152. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/integralistik/article/view/21834/
Setiawan, D. P. (2020). Analisis efektivitas metode pembelajaran daring | SENATIK. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10. Retrieved from http://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/986
Sulata, M. A., & Hakim, A. A. (2020). Gambaran Perkuliahan Daring Mahasiswa Ilmu Keolahragaan Unesa Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kesehatan Olahraga, 8, 147–156.
Published
2021-06-19
How to Cite
Setianingsih, S., & Darwati, L. (2021). Kesiapan Mahasiswa dalam Implementasi Pembelajaran Praktik KGD secara Daring selama Pandemi Covid-19. Jurnal Gawat Darurat, 3(1), 21-28. Retrieved from https://journal.stikeskendal.ac.id/index.php/JGD/article/view/1351
Section
Articles