Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Pengetahuan Gerakan Janin pada Ibu Hamil
Abstract
Pemahaman tentang sejauh mana pengetahuan ibu hamil tentang gerakan janinnya, akan membantu tenaga kesehatan dalam menyediakan edukasi yang tepat sasaran dan sesuai kebutuhan. Oleh karena itu, ketersediaan kuesioner yang valid dan reliabel untuk menilai pengetahuan ibu hamil tentang gerakan janin dan cara memantaunya sangat dibutuhkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur validitas dan reliabilitas Kuesioner Pengetahuan Gerakan Janin pada ibu hamil. Validitas kuesioner diukur dengan content validity index (CVI) yang melibatkan 7 rater dan korelasi poin-biserial. Reliabilitas dihitung dengan nilai Cronbach’s alpha pada 104 responden ibu hamil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kuesioner dinyatakan valid pada semua item pertanyaan dengan nilai mean I-CVI 0.99 dan reliabel dengan nilai Cronbach’s alpha 0.701. Kesimpulan studi ini yaitu kuesioner Kuesioner Pengetahuan Gerakan Janin valid dan reliabel untuk mengukur pengetahuan gerakan janin pada ibu hamil.
References
Almanasreh, E., Moles, R., & Chen, T. F. (2019). Evaluation of methods used for estimating content validity. Res Social Adm Pharm, 15(2), 214-221. doi: 10.1016/j.sapharm.2018.03.066
Berndl, Anne M. L., O’Connell, Colleen M., & McLeod, N. Lynne. (2013). Fetal Movement Monitoring: How Are We Doing as Educators? Journal of Obstetrics and Gynaecology Canada, 35(1), 22-28. doi: 10.1016/s1701-2163(15)31044-6
Bland J, Altman D. (1997). Statistics notes: Cronbach's alpha. BMJ, 314:275.
Bowen, J.H. (2018). Pregnant Women's Knowledge About Fetal Movement Count. Honors Undergraduate Theses, 282.
Bryant, J., Jamil, R. T., & Thistle, J. (2021). Fetal Movement StatPearls. Treasure Island FL: © 2021, StatPearls Publishing LLC.
Delaram, M., & Shams, S. (2016). The effect of foetal movement counting on maternal anxiety: A randomised, controlled trial. J Obstet Gynaecol, 36(1), 39-43. doi: 10.3109/01443615.2015.1025726
Hinton, P.R., McMurray, I., & Brownlow, C. (2014). SPSS Explained Second Edition. New York: Routledge.
Ismail, TAT; Sulaiman, Z. (2010). Reliability and validity of a Malay-version questionnaire assessing knowledge of breastfeeding. Malaysian J Med Sci., 17(3), 32-39.
Khumaedi, M. (2012). Reliabilitas instrumen penelitian pendidikan. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 12(1), 25-30.
Koshida, S., Ono, T., Tsuji, S., Murakami, T., Arima, H., & Takahashi, K. (2019). Fetal movement frequency and the effect of associated perinatal factors: Multicenter study. Women Birth, 32(2), 127-130. doi: 10.1016/j.wombi.2018.06.010
Maputle, M. S., & Mothiba, M. T. (2006). Mothers’ knowledge of foetal movements monitoring during pregnancy in relation to perinatal outcome. Health SA Gesondheid, 11(2). doi: 10.4102/hsag.v11i2.219
Olagbuji, B. N., Igbarumah, S., Akintayo, A. A., Olofinbiyi, B. A., Aduloju, P. O., & Alao, O. O. (2014). Maternal understanding of fetal movement in third trimester: a means for fetal monitoring and reducing stillbirth. Niger J Clin Pract, 17(4), 489-494. doi: 10.4103/1119-3077.134049
Pakenham, Susan, Copeland, Andrea, & Farine, Dan. (2013). Kick-Starting Action: Canadian Women’s Understanding of Fetal Movement Guidelines. Journal of Obstetrics and Gynaecology Canada, 35(2), 111-118. doi: 10.1016/s1701-2163(15)31014-8