Kepribadian, Persepsi dan Perilaku Penggunaan Alat Pelindung Diri

  • Sri Yuni Tursilowati STIKes Surya Global
  • Julaikah Julaikah STIKes Surya Global
Keywords: alat pelindung diri, kepribadian, perilaku, persepsi

Abstract

Pada bulan februari 2018 kasus kecelakaan kerja yang terjadi  dan dialami oleh karyawan UD. X yaitu terkena serpihan partikel logam dan besi dari proses bubut dan bor kemudian terkena percikan las, kemudian tangan terluka akibat tekena mesin potong besi,selain itu juga karyawan yang mengalami cacat permanen seperti jari terpotong akibat penggunaan mesin yang tidak hati-hati. Kecelakaan  kerja disebabkan karena keteledoran karyawan dalam menggunakan peralatan  kerja, dan  karyawan tidak menggunakan Alat Pelindung Diri yang disediakan. Penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan persepsi dan perilaku penggunaan alat pelindung diri di UD. X Tangerang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan diolah menggunakan uji validitas dan uji reabilitas. Teknik analisis data menggunakan chi square. Hasil yang diperolelh setelah melakukan uji statistik didapatkan hasil bahwa terdapat hubungan pengetahuan karyawan terhadap persepsi keparahan K3, Terdapat hubungan kepribadian karyawan terhadap persepsi keparahan K3, ada hubungan antara persepsi karyawan dengan perilaku penggunaan alat pelindung diri, Terdapat hubungan persepsi bahaya K3 dengan perilaku penggunaan alat pelindung diri, Ada hubungan Pengetahuan dengan Persepsi Ancaman. Ada hubungan kepribadian (Personality) dengan persepsi ancaman keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Ada hubungan pengetahuan dengan persepsi keparahan. Kesimpulannya yaitu faktor-faktor yang berhubungan dengan persepsi, dan perilaku penggunaan alat pelindung diri di UD. X Tangerang adalah pengetahuan, kepribadian, persepsi karyawan dan persepsi bahaya.

References

Batidas dkk. (2014). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Penggunaan Alat Pelindung Diri Pada Karyawan Bagian Packer PT Semen Bosowa Maros . ISSN : 2086-2040. Vol. VI, No. 2.
Devi Primasari, Annisa, dkk. (2016). Penerapan Hazard Identification Risk Assessment And Risk Control (Hirarc) Sebagai Pengendalian Potensi Kecelakaan Kerja Di Bagian Produksi Body Bus Pt. X Magelang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (E-Journal) Volume 4, Nomor 1, Januari 2016.
Nazarudin, Saragih dkk. (2011). Analisis Kepatuhan Pekerja Terhadap Penggunaan Alat Pelindung Diri (Apd) (Studikasus Area Produksi Di Pt. X ). Jurnal Kesehatan Masyarakat (E-Journal) Volume 4, Nomor 4.
Notoatmodjo S. (2010). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta. Hal : 92: PT RINEKA CIPTA.
Notoatmodjo S. (2011). Kesehatan Masyarakat: Ilmu dan Seni. . Jakarta. Hal : 220: PT RINEKA CIPTA.
Notoatmodjo, S. (2012). Kesehatan Masyarakat: Ilmu dan Seni. PT RINEKA CIPTA, JakartaNotoatmodjo, Soekidjo Kesehatan Masyarakat: Ilmu dan Seni. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
Putri Annisa, dkk. (2016). Devi Primasari, Annisa, dkk. Penerapan Hazard Identification Risk Assessment And Risk Control (Hirarc) Sebagai Pengendalian Potensi Kecelakaan Kerja Di Bagian Produksi Body Bus Pt. X Magelang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (E-Journal) Volume 4, Nomor 1.
Rian Nurjannah dkk. (2017). Wardhani, Raysha Helau dkk, 2017. Ancaman, Faktor Protektif, Aktivitas, Dan Resiliensi Remaja: Analisis Berdasarkan Tipologi Sosiodemografi. Jurnal Ilmu Keluarha Dan Konsultasi. Volume 10, No.1.
Riwidikdo, H. (2012). Riwidikdo, Handoko, 2012. Statistik Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Serin dkk. (2013). Gambaran Manajemen Alat Pelindung Diri (Apd) Di Pt X Sidoarjo. Journal of Industrial Hygiene and Occupational Health Vol. 1, No. 1.
Suma’mur. (2013). Keselamatan Kerja & Pencegahan Kecelakaan. Jakarta. Cetakan 3: CV Haji Masagung.
Tedjoessotomo. (2015). iKesehatan Masyarakat: Teori dan Aplikasi. Ed.1.Cet.3. Jakarta: Rajawali Pers.
Wardhani, Raysha Helau dkk. (2017). Ancaman, Faktor Protektif, Aktivitas, Dan Resiliensi Remaja: Analisis Berdasarkan Tipologi Sosiodemografi. Jurnal Ilmu Keluarha Dan Konsultasi. Volume 10, No.1. ISSN : 1907 – 6037 e-ISSN : 2502 – 3594: Hal.48, https://doi.org/10.24156/jikk.2017.10.1.47.
Published
2021-03-19
How to Cite
Tursilowati, S., & Julaikah, J. (2021). Kepribadian, Persepsi dan Perilaku Penggunaan Alat Pelindung Diri. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 11(2), 357-368. https://doi.org/https://doi.org/10.32583/pskm.v11i2.1286