Hambatan Pelaksanaan Emo-Demo Berdasarkan Proses Komunikasi di Daerah Non-Intervensi pada Bulan Januari 2020

  • Aqilatul Munawaroh Universitas Airlangga
Keywords: emo-demo, komunikasi, stunting

Abstract

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak berusia di bawah lima tahun akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang terutama pada periode 1.000 Hari Pertama Kehidupan. Salah satu upaya yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Surabaya dalam melakukan percepatan pencegahan stunting adalah melakukan komunikasi perubahan perilaku dengan metode Emo-Demo Tujuan dari penelitian ini adalah  untuk  Menggambarkan hambatan pelaksanaan Emo-Demo Berdasarkan Proses Komunikasi di wilayah Non-Intervensi Kota Surabaya pada bulan Januari 2020. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan metode wawancara. Populasi pada penelitian ini adalah  pihak promkes di puskesmas selaku Training of Trainer dan kader Balita di wilayah non-intervensi. Dengan menggunakan Teknik purposive sampling didapatkan sebanyak 19 responden. Analisis hasil penelitian dilakukan dengan model interaksi dari Miles dan Huberman.. Hasil penelitian ini menyebutkan Hambatan emo-demo berdasarkan proses komunikasi yang ada di wilayah non-intervensi selama bulan Januari 2020 antara lain susah mengumpulkan ibu balita, belum adanya alat peraga, ibu balita tidak datang bersamaan, ibu balita tidak sabar menunggu, belum pernah melaksanakan Emo-Demo sebelumnya, waktu penimbangan dan Emo-Demo dilakukan bersamaan, tidak ada dana, jumlah kedatangan ibu yang sedikit, keterbatasan pengetahuan , Ibu balita datang dan pergi, ibu balita tidak memperhatikan, dan balita rewel.

References

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. 2018. “Laporan_Nasional_RKD2018_FINAL.Pdf.” Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan 198.
Han, Eunice S., and Annie goleman, daniel; boyatzis, Richard; Mckee. 2019. “済無No Title No Title.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.
Ltd., Development Initiatives Poverty Research. 2015. Global Nutrition Report 2017.
Nasehudin. 2015. “Pembentukan Sikap Sosial Melalui Komunikasi Dalam Keluarga.” Jurnal Edueksos IV(1):1–19.
Nofrion, Nofrion. 2018. “Pembelajaran Sebagai Proses Komunikasi.” (2012):1–16. http//doi.org.10.31227/osf.io/fv25n
Novianti, Riska Dwi, Mariam Sondakh, and Meiske Rembang. 2017. “Komunikasi Anatarpribadi Dalam Menciptakan Harmonisasi (Suami Dan Istri) Keluarga Didesa Sagea Kabupaten Halmahera Tengah.” E-Journal"Acta Diurna" VI(2):1–15.
Nurdianti, Siti Rahma. 2014. “Analisis Faktor-Faktor Hambatan Komunikasi Dalam Sosialisasi Program Keluarga Berencana Pada Masyarakat Kebon Agung-Samarinda.” Ilmu Komunikasi 2(2):145–59.
Peraturan Walikota Surabaya Nomor 99. 2016. “Walikota Surabaya Provinsi Jawa Timur.” 1994:1–7.
Petra, Universitas Kristen, Timotius Christianto Chandra, Prodi Ilmu Komunikasi, and Universitas Kristen Petra. 2015. “Hambatan Komunikasi Dalam Aktivitas Bimbingan Belajar Antara Tutor Dengan Anak Kelas V SD Di Bantaran Sungai Kalimas Surabaya.” Jurnal E Komunikasi 3(2):1–12.
Purwokerto, D. I. Iain, and Iain Purwokerto. 2013. “Jurusan Komunikasi Dan Penyiaran Islam Fakultas Ilmu Dakwah Dan Ilmu Komunikasi.”
Rincap, Mark Febri, Debby. D. V. Kawengian, and Antonius Boham. 2017. “Pentingnya Komunikasi Orangtua Pada Anak Dalam Menggunakan Bahasa Tontemboan Di Desa Kanonang 1 Kecamatan Kawangkoan Barat.” Acta Diurna 6(2):225–33.
Satriawan, Elan. 2018. “Strategi Nasional Percepatan Pencegahan Stunting 2018-2024 (National Strategy for Accelerating Stunting Prevention 2018-2024).” Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) Sekretariat Wakil Presiden Republik Indonesia (November):1–32.
Setianto, Isa Pandu. 2009. “Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Hambatan Komunikasi Antar-Pribadi Melalui Layanan Informasi Dengan Format Kelompok Pada Siswa Kelas 5 Dan 6 SDN I Kradegan Banjarnegara Tahun Ajaran 2008/2009.” 17–21.
Surabaya, Walikota. 2016. “Perda Sby 14 Th 2016 OTK Sby.”
Syabrina, Rany An Nisa. 2018. “Efektivitas Dan Efisiensi Komunikasi Pada Penyelenggaraan Festival Damar Kurung Gresik Tahun 2017.” Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Airlangga.
Widya. A, Sixtya. 2017. “Hambatan Komunikasi dalam Proses Belajar Mengajar antara Guru Dan Murid Yang Berbeda Budaya Di SMP Negeri 16 Sigino Title.” Online Kinesik 4(1):129–37.
Published
2021-02-22
How to Cite
Munawaroh, A. (2021). Hambatan Pelaksanaan Emo-Demo Berdasarkan Proses Komunikasi di Daerah Non-Intervensi pada Bulan Januari 2020. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 11(2), 259-268. https://doi.org/https://doi.org/10.32583/pskm.v11i2.1221