HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU TENTANG GIZI TERHADAP STATUS GIZI DENGAN ANAK AUTISME

  • Anita Syarifah
Keywords: Pengetahuan, Sikap, Status gizi, Autisme

Abstract

ABSTRAK

Autisme merupakan gangguan perkembangan yang mempengaruhi beberapa aspek perkembangan anak. Kararteristik yang menonjol pada anak autis seperti; kesulitan membina hubungan sosial, sulit berkomunikasi secara normal, sulit memahami emosi dan perasaan orang lain, menunjukan perilaku repetitif, gangguan prilaku akresif, hiperaktivitas dan sensoris, serta mengalami perkembangan yang lamban, dan gangguan status gizi tidak seimbang.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap ibu tentang gizi terhadap status gizi pada anak autisme. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2017 dengan jumlah sampel sebanyak 40 responden dengan teknik total sampling. Desain penelitian ini adalah deskriptif kolerasi dengan cross sectional. Penelitian ini menunjukan adanya hubungan pengetahuan ibu tentang gizi terhadap status gizi pada anak autisme di Sekolah Luar Biasa (SLB) dengan nilai P value = 0,004 (P < 0,05), dan ada hubungan bermakna sikap ibu tentang gizi terhadap status gizi dengan anak autisme di Sekolah Luar Biasa (SLB) dengan nilai P value = 0,007 (P < 0,05). Bagi pendidik sekolah SLB diharapkan dapat memberikan penyuluhan dan motivasi kepada ibu dan anak-anak untuk menjaga pola makanan anak khususnya pada anak autime.

 

Kata kunci : Pengetahuan, sikap, status gizi, autisme

 

RELATIONSHIP KNOWLEDGE AND ATTITUDES OF MOTHER ON NUTRITION TO NUTRITION STATUS WITH CHILDREN AUTISM

 

ABSTRACT

Autism is a developmental disorder that affects several aspects of child development. Characteristic prominence in children with autism such as; difficulty in social relationships, difficulty communicating normally, difficulty understanding the emotions and feelings of others, showing repetitive behavior, accusative behavioral disorders, hyperactivity and sensory, and experiencing slow development, and disruption of nutritional status is not balanced. This study aims to determine the relationship of knowledge and attitude of mother about nutrition to nutritional status in children with autism. This study was conducted in May 2017 with a total sample of 40 respondents with total sampling technique. The design of this study was descriptive correlation with cross sectional. This study shows the relationship of mother's knowledge about nutrition to nutritional status in children with autism in Special School (SLB) with P value = 0,004 (P <0,05), and there is significant relation of mother attitude about nutrition to nutritional status with children with autism in Special School (SLB) with P value = 0,007 (P <0,05). For SLB school educators are expected to provide counseling and motivation to mother and children to maintain children's food patterns, especially in children with autamps.

 

Keywords:  Knowledge, attitude, nutritional status, autism