Perubahan Pengetahuan Ibu Hamil Trimester II dalam Mencegah Stunting melalui Pendidikan Kesehatan dengan Pendekatan Modelling
Abstract
Ibu hamil sangat membutuhkan suplai makanan yang bergizi untuk menunjang tumbuh kembang janin sehingga bayi dapat lahir dengan kecukupan gizi dan terhindar dari kondisi BBLR yang merupakan salah factor penyebab stunting pada anak.Upaya pencegahan stunting pada ibu hamil adalah pemenuhan kebutuhan zat gizi bagi ibu hamil baik makro maupun mikro dan pemberian ASI eksklusif pada bayi sampai usia 6 bulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perubahan pengetahuan ibu hamil trimester II dlm mencegah stunting melalui pendidikan kesehatan dengan pendekatan modelling. Rancangan penelitian menggunakan quasi eksperimental dengan menggunakan Non Randomized Pre-test Post-test with controlled Group Design. Sampel adalaj ibu hamil trimester II yang ada di Kabupaten Mamuju sebanyak 50 orang yang terdiri dari kelompok perlakuan dan kelompok control. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari enam jenis pengetahuan yang diukur terdapat 3 pengetahuan yang mengalami perubahan kea rah positif yaitu pengetahuan tentang gizi, pengetahuan tentang perawatan payudara dan pengetahuan tentang ASI
Kata Kunci : stunting, pendidikan kesehatan, pendekatan modelling
KNOWLEDGE OF CHANGES IN PREGNANT WOMEN TO PREVENT stunting TRIMESTER II DLM HEALTH EDUCATION THROUGH MODELING APPROACH
ABSTRACT
Pregnant women desperately need a nutritious food supply to support fetal growth and development so that babies can be born with adequate nutrition and avoid LBW conditions which is one of the factors that cause stunting in children. Efforts to prevent stunting in pregnant women are to meet the nutritional needs of pregnant women both and micro and exclusive breastfeeding to infants up to 6 months of age. This study aims to determine changes in the knowledge of second trimester pregnant women in preventing stunting through health education with a modeling approach. The study design uses quasi experimental using Non-Randomized Pre-test Post-test with controlled Group Design. The sample was 50 second trimester pregnant women in Mamuju Regency as many as 50 people consisting of the treatment group and the control group. The results showed that of the six types of knowledge measured, there were 3 knowledge that experienced positive changes, namely knowledge about nutrition, knowledge about breast care and knowledge about breast milk
Keywords: stunting, health education, modeling approach
References
Depkes. (2018, November 2). Potret Sehat Indonesia dari Riskesdas 2018. Retrieved Desember 7, 2018, from Kementrian Kesehatan RI: http://www.depkes.go.id/article/view/18110200003/potret-sehat-indonesia-dari-riskesdas-2018.html
Hardinsyah.(2017, Agustus 30).Pencegahan Stunting.Bogor, Jawa Barat, Indonesia.
Kemenkes Ri. 2013. Riset Kesehatan Dasar; RISKESDAS. Jakarta: Balitbang Kemenkes RI
Sutarto, Mayasari, D., & Indriyani, R. (2018). Stunting, Faktor Risiko dan Pencegahannya. J Agromedicine Vol. 5 No. 1, 540-545.
Saleh, A., Nurachmah, E., As'ad , S., & Hadju, V. (2012). Penerapan Maternal Role Attainment untuk Tumbuh Kembang Bayi. Yogyakarta: 2012.
Yusuf, Y., Rompas, S. & Babakal, A. (2016).Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Pendekatan Modelling terhadap Pengetahuan Ibu dalam Menstimulasi Tumbuh Kembang Bayi 0-6 Bulan di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Tomalou Kota Tidore Kepulauan.ejournal Keperawatan, 4(1).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.