POLA ASUH ORANGTUA VERSUS KEMAMPUAN SOSIALISASI ANAK
Abstract
ABSTRAK
Pendahuluan: Pengasuhan orang tua memberikan dampak yang cukup serius dalam menentukan kepribadian seorang anak salah satunya kemampuan bersosialisasi. Terdapat empat faktor yang mempengaruhi sosialisasi pada anak, yaitu pola pengasuhan orang tua, pengaruh teman sebaya, penerimaan diri dan lingkungan. Perkembangan sosialisasi pada anak usia sekolah terpenting dipengaruhi oleh faktor keluarga yang merupakan agen sosialisasi dan lingkungan dimana anak itu tumbuh dan berkembang. Keberhasilan orang tua dalam membentuk karakter anak sering kali dikaitkan dengan kemampuan orang tua dalam memahami karakter anak sebagai individu yang unik. Metode: penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola asuh yang diterapkan orang tua dan kemampuan sosialisasi anak, serta menganalisis hubungan pola asuh orang tua dengan kemampuan sosialisasi anak usia sekolah. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Jumlah sampel 79 responden dengan tehnik total sampling. Analisa bivariat dengan uji statistic Chi Squrae Hasil: ada hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan kemampuan sosialisasi anak pada siswa Kelas 1 dan 2 (P value=0,000). Diskusi: Diharapkan orangtua untuk dapat menerapkan pola asuh yang mendorong peningkatan kemampuan sosialisasi anak.
Kata kunci: Pola Asuh orangtua, Kemampuan Sosialisasi, Anak Usia Sekolah
ABSTRACT
Introduction: Parenting parenting gives a serious enough impact in determining the personality of a child one of social ability. There are four factors that influence the socialization in children, the parenting pattern, the influence of peers, self-acceptance and the environment. The development of socialization in the most important school-aged children is influenced by family factors that are the socialization agents and the environment in which the child grows and develops. The success of parents in shaping the character of children is often associated with the ability of parents to understand the character of the child as a unique individual. Methods: This study aims to identify parenting patterns applied by parents and socialization skills of children, as well as to analyze the relationship of parenting parents with the ability to socialize school age children. Quantitative descriptive research type with cross sectional research design. Total sample was 79 respondents with total sampling technique. Bivariate analysis with Chi Squrae statistic test. Results: there is a significant correlation between parenting parenting with children socialization ability in Grade 1 and 2 students (P value = 0,000). Discussion: It is expected that parents should be able to adopt parenting patterns that encourage the improvement of children's socialization skills. Keywords: Parenting Parenting, Socialization Ability, School-Age Children