PENGARUH TERAPI KELOMPOK TERAPEUTIK REMAJA DAN PSIKOEDUKASI KELUARGA TERHADAP PERKEMBANGAN IDENTITAS DIRI REMAJA
Abstract
ABSTRAK
Pendahuluan : Tugas perkembangan remaja bertujuan untuk pencapaian identitas diri agar kelak remaja menjadi individu dewasa yang memiliki sense of self yang sesuai dan dapat berperan di lingkungan masyarakat. Hambatan dalam pencapaian tugas perkembangan akan menyebabkan masalah kesehatan jika tidak diselesaikan dengan baik. Metode : Tujuan penulisan yaitu menggambarkan hasil pelaksanaan Terapi Kelompok Terapeutik dan Psikoedukasi Keluarga terhadap peningkatan perkembangan remaja. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan pre post test without control group. Sampel penelitian terdiri dari 16 remaja dengan metode pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Hasil : Terapi Kelompok Terapeutik adalah terapi spesialis keperawatan jiwa yang membantu mengembangkan potensi dan meningkatkan kualitas antar anggota kelompok untuk mengatasi masalah kesehatan. Namun dengan karakteristik dan masalah anggota yang berbeda diperlukan terapi tambahan sesuai dengan masalah yang dihadapi oleh remaja, salah satunya Psikoedukasi Keluarga. Diskusi : Evaluasi menunjukkan terjadi peningkatan aspek dan tugas perkembangan remaja. Rekomendasi laporan ini dapat dijadikan standar terapi spesialis keperawatan jiwa dan disosialisasikan pada tatanan pelayanan kesehatan jiwa komunitas.
Kata Kunci : Identitas diri, Psikoedukasi Keluarga, Remaja, Terapi Kelompok Terapeutik
ABSTRACT
Introduction: Teenagers are struggling for their self identity. The obstacle of teenagers to gain their self identity to some extent can be manifested through their deviant behaviors. Methods: The purpose of this scientific paper was to explore the result of Therapeutic Group Therapy, and Family Psycho Education to improve adolescence growth and development. This was a quasi-experimental research, using pre-post test without control group. A number of 16 samples were recruited using purposive sampling technique Result: Therapeutic Group Therapy was mental health-psychiatric nursing specialization treatment with the purpose to assist the adolescence to develop their potential capacity and to improve the quality of group members to deal with their health problems. However, the different characteristics and problems of each group member required additional therapy which was appropriate with the problems they were facing. They need support from their family, that’s why Family Psychoeducation is needed for their family. Discussion: The results of these interventions showed the improvement particularly on different aspects and developmental task of teenagers.
Keywords : Self-identity, Family Psychoeducation, Teenagers, Therapeutic Group Therapy