HUBUNGAN KECEMASAN DENGAN DEPRESI PADA ANAK SEKOLAH DASAR
Abstract
ABSTRAK
Pendahuluan: Kesehatan mental merupakan hal penting dalam perkembangan anak, karena anak merupakan generasi penerus bangsa. gangguan kesehatan mental pada anak akan mempengaruhi perkembangan mental pada tahap perkembangan selanjutnya. Perkiraan jumlah anak dengan masalah kesehatan mental bervariasi sekitar 2-3% hingga 22%, angka tersebut meningkat untuk anak yang memiliki penyakit atau disabilitas (ketidakmampuan).Masalah kesehatan jiwa yang terjadi pada anak adalah Autisme, ADHD, gangguan mood, kecemasan, psikotik, depresi, phobia sosial, gangguan obsesif konvulsif, gangguan bipolar dan skizofrenia. Metode: Penelitian melibatkan 196 anak sekolah dasar menggunakan kuesioner Screen for Child Anxiety Related Disorders (SCARED) terdiri dari 41 pertanyaan dan kuesionerDepression Scale for Children (CES-DC) terdiri dari 20 pertanyaan. Hasil: Dengan menggunakan uji kai kuadrat didapatkan hasil terdapat hubungan antara kecemasan dan depresi anak sekolah dasar (p value ≤ 0,05). Diskusi: Kecemasan dan depresi merupakan masalah kesehatan jiwa pada anak sekolah sehingga perlu penanganan yang khusus baik oleh guru, orang tua maupun pelayanan kesehatan.
Kata kunci:Kecemasan, depresi, anak sekolah dasar.
ABSTRACT
Introduction: Mental health is an important for child development, because child is next generation for the future, . Children's mental health disorders will be affect the next stage mental health development. Estimated Children with mental health problems Approximately 2-3% to 22%, the figure increases For Children Who has the disease or disability (disability). Mental health problems in children is autism, ADHD, mood Disorder, anxiety, psychotic, depression, social phobia, obsessive convulsive Disorders, Bipolar disorder and schizophrenia. Methods: The study involved 196 Primary School Children using questionnaires to Screen Children Related Anxiety Disorders (SCARED) consists out of 41 questions and questionnaires Child Depression Scale (CES-DC) consists of 20 questions. Results: chi-square test results are obtained Relationship anxiety and depression Primary School Children (p value ≤ 0.05). Discussion: Anxiety and depression are mental health problems in child school and need intervention by teachers, Parents and mental health services.
Keywords:Children primary school, anxiety, depression.