ANALISIS KEMAMPUAN PEMBIMBING KLINIK DALAM MEMBERIKAN BIMBINGAN KLINIS KEPADA PESERTA DIDIK

  • Joyo Minardo
  • Abdul Wakhid Universitas Ngudi Waluyo
Keywords: pembimbing klinik, bimbingan klinis

Abstract

Pendidikan keperawatan adalah pendidikan tinggi yang selain menuntut pengetahuan yang baik juga menitikberatkan pada ketrampilan praktik klinik yang terampil. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan pembimbing klinik dalam memberikan bimbingan klinis kepada peserta didik. Metode penelitian menggunakan metode survei yang dilakukan terhadap 30 responden yang merupakan pembimbing klinik. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian yang menilai 6 metode pembelajaran klinik. Analisis dilakukan dengan analisis univariat untuk menggambarkan masing-masing variabel dengan detail masing-masing pertanyaan. Hasil penelitian didapatkan metode bimbingan pre post conference dilakukan dengan baik oleh 50% responden. Metode bimbingan bedside teaching dilakukan dengan baik oleh sejumlah 66,7% responden. Metode bimbingan ronde keperawatan dilakukan dengan baik oleh sejumlah 56,7% responden. Metode bimbingan demonstrasi dilakukan dengan baik oleh sejumlah 66,7% responden. Metode bimbingan coaching dilakukan dengan baik oleh sejumlah 53,3% responden. Metode bimbingan diskusi kelompok dilakukan dengan baik oleh sejumlah 53,3% responden. Rekomendasi hasil penelitian ini hendaknya dijadikan sebagai refleksi terhadap kemampuan dan ketrampilan pembimbing klinis pada bagian yang nilainya masih rendah.

 

Kata Kunci: pembimbing klinik, bimbingan klinis

 

ANALYSIS OF CLINICAL CAPABILITY CAPABILITIES IN PROVIDING CLINICAL MENTORING TO STUDENTS

 

ABSTRACT

Nursing education is higher education which in addition requires good knowledge also focuses on skilled clinical practice skills. The purpose of this study was to analyze the ability of clinical advisers to provide clinical guidance to students. The research method uses a survey method conducted on 30 respondents who are clinical advisers. Data retrieval is done by using research instruments that assess 6 clinical learning methods. The analysis was carried out by univariate analysis to describe each variable with the details of each question. The results showed that the pre post conference guidance method was done well by 50% of respondents. The bedside teaching guidance method was carried out well by 66.7% of respondents. The nursing round guidance method was carried out well by a number of 56.7% of respondents. The demonstration guidance method was done well by 66.7% of respondents. The coaching guidance method was carried out well by a number of 53.3% of respondents. The group discussion guidance method was carried out well by a number of 53.3% of respondents. Recommendations on the results of this study should be used as a reflection of the ability and skills of clinical supervisors in a section whose value is still low.

 

Keywords: clinical counselor, clinical guidance

Published
2018-12-30
How to Cite
Minardo, J., & Wakhid, A. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN PEMBIMBING KLINIK DALAM MEMBERIKAN BIMBINGAN KLINIS KEPADA PESERTA DIDIK. Jurnal Keperawatan, 10(3), 170-176. https://doi.org/https://doi.org/10.32583/keperawatan.10.3.2018.170-176
Section
Articles