HUBUNGAN STIMULASI IBU DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 3-5 TAHUN
Abstract
ABSTRAK
Pendahuluan: Perkembangan merupakan perubahan yang terjadi secara bertahap dari tingkat yang paling rendah ketingkat yang paling tinggi dan kompleks melalui proses maturasi dan pembelajaran faktor yang mempengaruhi perkembangan motorik kasar salah satunya adalah stimulasi lingkungan. Anak yang mendapatkan stimulasi yang terarah dan teratur akan lebih cepat berkembang jika dibandingkan dengan anak yang tidak mendapatkan stimulasi dari orang tuanya. Metode: Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara stimulasi ibu dengan perkembangan motorik kasar anak usia 3-5 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan rancangan deskriptif dengan menggunakan pendekatan Cross-Sectional dan untuk mendapatkan sampel dalam penelitian ini digunakan sampel jenuh atau total populasi dan didapatkan sampel sebanyak 32 responden. Hasil: Hasil penelitian ini didapatkan bahwa mayoritas stimulasi ibu baik sebanyak 26 responden (81,25%), sedangkan mayoritas perkembangan motorik kasar normal sebanyak 23 responden (71,875%). Dengan menggunakan uji Chi-Square untuk menghubungkan antara stimulasi orang tua dengan perkembangan bahasa anak usia prasekolah diperoleh pernyataan value 0,489 yang menunjukkan tidak ada hubungan antara stimulasi ibu dengan perkembangan motorik kasar anak usia 3-5 tahun. Diskusi: para ibu diharapkan selalu memberikan stimulasi kepada anaknya agar perkembangan anak dalam kategori normal.
Kata kunci: Stimulasi ibu, Perkembangan motorik kasar
RELATIONSHIP WITH MOTHER STIMULATION RELATIONSHIP BETWEEN CHILDREN AGE 3-5 YEARS
ABSTRACT
Introduction: Development is a gradual change from the lowest level of the highest level and complex through the process of maturation and learning of factors affecting the development of gross motor one of them is environmental stimulation. Children who get directional and regular stimulation will develop faster when compared with children who do not get stimulation from their parents. Method: The purpose of this study was to determine the relationship between maternal stimulation and gross motor development of children aged 3-5 years. This research is a research using descriptive design by using Cross-Sectional approach and to get the sample in this research used saturated sample or total population and got 32 respondents. Result: The results of this study found that the majority of good mother stimulation as much as 26 respondents (81.25%), while the majority of normal gross motor development as much as 23 respondents (71.875%). By using Chi-Square test to relate between stimulation of parent with language development of preschool age obtained statement value 0,489 which show no relation between mother stimulation with gross motor development of child aged 3-5 years. Discussion: the mothers are expected to always provide stimulation to their children for the development of children in the normal category. Keywords: Maternal stimulation, Rough motor development