PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE PEMUTARAN VIDEO TENTANG PHBS CUCI TANGAN TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP
Abstract
ABSTRAK
Pendahuluan: Perilaku hidup bersih dan sehat disekolah merupakan kebutuhan mutlak dan dapat dilakukan melalui pendidikan kesehatan itu sendiri. Salah satu cara pendidikan kesehatan dengan cara ceramah dengan alat – alat bantu pengajaran, misal makalah singkat, slide, sound system, pemutaran video dan dapat menguasai sasaran. Metode: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode pemutaran video tentang perilaku hidup bersih dan sehat cuci tangan terhadap pengetahuan dan sikap siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre eksperimental dengan rancangan one group pre-test-post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD, menggunakan teknik sampling jenuh. Analisa data menggunakan uji beda Wilcoxonyang sebelumnya dilakukan uji normalitas kolmogorov-Smirnov. Hasil: Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode pemutaran video terhadap pengetahuan dan sikap siswa tentang perilaku hidup bersih dan sehat cuci tangan. Diskusi: Hasil penelitian direkomendasikan pada pengelola SD dapat membuat kebijakan yang lebih bersifat upaya promotif dan preventif terhadap hal-hal yang berkaitan dengan perilaku hidup bersih dan sehat.
Kata kunci: Perilaku, Hidup bersih sehat, Pemutaran video tentang perilaku hidup bersih dan sehat cuci tangan
ABSTRACT
Introduction: Behavior Clean and healthy school is an absolute necessity and can be done through health education itself. One way of health education by way of lectures with teaching aids, such as brief papers, slides, sound system, video playback and can master the target. Methods: The purpose of this study was to investigate the effect of health education with video playback methods on clean and healthy living behaviors of handwashing of students' knowledge and attitudes. This research used pre experimental pre-test-post-test. The population in this study is the students of grade VI SD, using saturated sampling technique. Data analysis using different test Wilcoxonyang previously tested the normality kolmogorov-Smirnov. Results: The results showed that there was an effect of health education with video playback methods to students' knowledge and attitude about clean and healthy life behavior of hand washing. Discussion: The results of the study recommended in elementary school managers can create policies that are more promotive and preventive efforts on matters relating to clean and healthy life behavior. Keywords: Behavior, Clean Healthy Living, Video Playback methods on clean and healthy living behaviors of handwashing