Pengalaman Perawat Kamar Bedah dalam Penerapan Keperawatan Transkultural di Bali, Indonesia: Studi Deskriptif Analisis Kualitatif-Kuantitatif

  • Nyoma Agus Jagat Raya Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana
  • I Wayan Winarta Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah Denpasar
  • I Wayan Rosdiana Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah Denpasar
  • I Wayan Purnata Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah Denpasar
  • Ni Komang Widiari Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah Denpasar
Keywords: bali, kamar bedah, keperawatan transcultural, pengalaman

Abstract

Kompetensi perawat bedah dalam penerapan keperawatan transkultural sangat diperlukan untuk menghindari dampak negatif selama pelayanan dan pemberian asuhan keperawatan perioperatif yang profesional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengalaman perawat kamar bedah dalam penerapan keperawatan transkultural di Bali, Indonesia. Rancangan penelitian adalah deskriptif cross-sectional dengan metode campuran sekuensial eksploratori yang dilakukan September sampai Desember 2020. Penelitian diawali dengan pendekatan kualitatif melalui wawancara dalam Diskusi Kelompok Terfokus sebanyak 11 partisipan dan dilanjutkan dengan pengisian kuisioner Gambaran Pengalaman Penerapan Keperawatan Transkultural terhadap 106 perawat kamar bedah di Provinsi Bali. Analisis tematik digunakan dalam penelitian kualitatif dan analisis statistik deskriptif digunakan untuk penelitian kuantitatif. Dua tema didapatkan dalam penelitian ini. Tema pertama adalah fenomena transkultural di kamar bedah  dengan 89 (84%) responden menyatakan pasien meminta organ yang telah dioperasi untuk dibawa pulang. Tema kedua adalah kompetensi perawat kamar bedah dalam penerapan keperawatan transkultural dengan komunikasi adalah kompetensi yang terpenting (M = 3,77 ± SD = 0,42). Ketidakpahaman perawat kamar bedah terhadap isu agama, adat, budaya, dan sosial dari pasien dan keluarga pasien memiliki risiko terjadinya konflik di tatanan keperawatan perioperatif. Edukasi dan pelatihan tentang keperawatan transkultural menjadi pertimbangan penting dalam meningkatkan kompetensi perawat kamar bedah.

References

Abidin, A. (2013). Makna Simbolik Ritual Ngobur Tamoni (Studi Etnografi Ritual Ngobur Tamoni di Kelurahan Pajagalan, Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep). Retrieved Juli 20, 2020 from http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16330
Aliche, J., Ifeagwazi, C., Chukwuorji, J., & Eze, J. (2020). Roles of religious commitment, emotion regulation and social support in preoperative anxiety. Journal of Religion and Health, 59, 905-919. doi: 10.1007/s10943-018-0693-0.
Arakelian, E., Swenne, C., Lindberg, S., Rudolfsson, G., & van Vogelsang, A. (2017). The meaning of person-centered care in the perioperative nursing context from the patient's perspective: An integrative review. Journal of Clinical Nursing, 26(17-18), 2527-2544. doi:10.1111/jocn.13639.
Beitz, J. (2019). Addressing the perioperative nursing shortage through education: A perioperative imperative. AORN Journal, 110(4), 403-414. doi: 10.1002/aorn.12805.
Brown, M. (2018). Perioperative nursing and communication challenges aboard the Africa Mercy. AORN Journal, 108(3), 321-324. doi: 10.1002/aorn.12357.
Chang, T., Chen, C., & Chen, M. (2017). A study of interpersonal conflict among operating room nurses. The Journal of Nursing Research, 25(6), 400-410. doi: 10.1097/jnr.0000000000000187.
Creswell, J. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Eriksson, J., Lindgren, B., & Lindahl, E. (2020). Newly trained operating room nurses’ experiences of nursing care in the operating room. Scandinavian Journal of Caring Sciences, 34, 1074-1082. doi: 10.1111/scs.12817.
Giger, J. N. (2013). Transcultural nursing: Assessment & Intervention 6th Edition. Missouri: Elsevier Mosby.
Hidayat, A., & Uliyah, M. (2019). The effect of the nursing care model based on culture to improve the care of malnourished madurese children in Indonesia. Macedonian Journal of Medical Sciences, 7(7), 1220-1225. doi: 10.3889/oamjms.2019.260.
Larsen, R., Mangrio, E., & Persson, K. (2021). Interpersonal communication in transcultural nursing care in India: A descriptive qualitative study. Journal of Transcultural Nursing, 32(4), 310-317. doi: 10.1177/1043659620920693.
Larti, N., Ashouri, E., & Aarabi, A. (2018). The effects of an empathy role-playing program for operating room nursing students in Iran. Journal of Education Evaluation for Health Professions, 15(29), 1-7. doi: 10.3352/jeehp.2018.15.29.
Mahadewi, I. G., Sasmita, G., & Wibawa, K. (2016). Aplikasi animasi 3 dimensi Mendem Ari-Ari berbasis Android. MERPATI, 4(1), 114-122.
McFarland, M., & Alamah, H. (2019). Leininger's theory of culture care diversity and universality: An overview with a historical retrospective and a view toward the future. Journal of Transcultural Nursing, 30(6), 1-18. doi: 10.1177/1043659619867134.
Nur'ainun, & Novieastari, E. (2019). Students’ ability in delivering transcultural nursing linked to their place of origin: A cross-sectional study. Enfermeria Clinica, 29(S2), 556-559. doi: 10.1016/j.enfcli.2019.04.086.
Polit, D., & Beck, C. (2017). Nursing Research: Generating and Assesing Evidence for Nursing Practice. Philadelphia: Wolters Kluwer.
Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan, K. P. (2016). publikasi.data.kemendikbud.go.id. Retrieved Juli 20, 2020, from http://publikasi.data.kemdikbud.go.id/uploadDir/isi_F9B76ECA-FD28-4D62-BCAE-E89FEB2D2EDB_.pdf
Rema, N. (2013). Makna air bagi masyarakat Bali. Forum Arkeologi, 26(2), 109-124.
Shen, Z. (2015). Cultural competence models and cultural competence assessment instruments in nursing: A literature review. Journal of Transcultural Nursing, 26(3), 308-321. Doi: 10.1177/1043659614524790.
Published
2021-06-28
How to Cite
Raya, N., Winarta, I. W., Rosdiana, I. W., Purnata, I. W., & Widiari, N. K. (2021). Pengalaman Perawat Kamar Bedah dalam Penerapan Keperawatan Transkultural di Bali, Indonesia: Studi Deskriptif Analisis Kualitatif-Kuantitatif. Jurnal Keperawatan, 13(2), 147-158. https://doi.org/https://doi.org/10.32583/keperawatan.v13i2.1490