Model Intervensi Modul dan Pendampingan Orangtua Menurunkan Durasi Penggunaan Gadget pada Anak
Abstract
Gadget sangat diminati oleh anak- anak saat ini karena menyajikan berbagai dimensi suara, warna, gerak, lagu dalam satu fitur. Gadget juga memiliki dampak positif seperti dapat memperlancar kemampuan komunikasi dan berbahasa anak serta dapat merangsang penglihatan maupun pendengaran. Dampak negative gadget antara lain gangguan kesehatan mata, gangguan tidur, pribadi yang tertutup, bahkan juga gangguan perkembangan Salah satu gangguan perkembangan dimana terjadi gangguan dalam interaksi social anak adalah autism. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model intervensi dengan modul dan pendampingan orang tua terhadap durasi penggunaan gadget dan gangguan perkembangan (autisme) pada anak Penelitian ini termasuk jenis penelitian ekasperimen dengan jumlah sampel sebanyak 96 orang setiap kelompok, yang diambil dengan tehnik stratifield random sampling. Penelitian ini menemukan terdapat perbedaan durasi penggunaan gadget sebelum maupun sesudah intervensi pada kedua kelompok. Tidak ada perbedaan durasi penggunaan gadget sebelum intervensi antara (p value = 0,630> α=0,05), Namun setelah intervensi terlihat ada perbedaan durasi penggunaan gadget antar kelompok dengan p value = 0,024< α=0,05).Tidak ditemukan perbedaan presentase gangguan perkembangan (risiko autisme pada anak) sebelum maupun sesudah intervensi pada kedua kelompok.
References
Chikmah, A. M., & Fitrianingsih, D. (2018). Pengaruh Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Masalah Mental Emosianal Anak Pra Sekolah Di Tk Pembina Kota Tegal. Siklus : Journal Research Midwifery Politeknik Tegal, 7(2), 295. https://doi.org/10.30591/siklus.v7i2.896
Chusna, P. A. (2017). Pengaruh Media Gadget terhadap perkembangan anak. Dinamika Penelitian : Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 2(2), 315–330.
Fajrina, H. . (2015). Tingkat Kecanduan Gadget di Usia Dini semakin mengkhawatirkan.
Gunawan, M. A. A. A. (2017). Hubungan Durasi Penggunaan Gadget R Terhadap Perkembangan Sosial Anak Prasekolah Di Tk Pgri 33 Sumurboto, Banyumanik. Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.
Hani Nur Fajrina. (2015). Tingkat Kecanduan Gadget di Usia Dini Semakin Mengkhawatirkan.
Novianti, R., & Garzia, M. (2020). Penggunaan Gadget pada Anak; Tantangan Baru Orang Tua Milenial. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1000. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.490
Nugraha, A., Izah, N., Nurul Hidayah, S., Zulfiana, E., & Qudriani, M. (2019). The effect of gadget on speech development of toddlers. Journal of Physics: Conference Series, 1175(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012203
Rahmat, N. N., Munawir, A., & Bukhori, S. (2017). Duration of Gadget Usage Affects Eye Fatigue in Students Aged 16-18 Years 335 | Publisher : Humanistic Network for Science and Technology Health Notions , Volume 1 Issue 4 ( Octobe. Health Notions, 1(4), 335–340.
Ramadhani, R. F., Iswinarti, I., & Zulfiana, U. (2019). Pelatihan kontrol diri untuk mengurangi kecenderungan internet gaming disorder pada anak usia sekolah. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 7(1), 81. https://doi.org/10.22219/jipt.v7i1.7837
Setianingsih, S. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Prasekolah Dapat Meningkatan Resiko Gangguan Pemusatan Perhatian Dan Hiperaktivitas. Gaster, 16(2), 191. https://doi.org/10.30787/gaster.v16i2.297
Soetjiningsih, Windiati, I. gusti A. T., & Adnyana, I. G. A. N. S. (2015). Pedoman Pelatihan Deteksi Dini dan Diagnosis Gangguan Spektrum Autisme. 1–50.
Suhana, M. (2018). Influence of Gadget Usage on Children’s Social-Emotional Development. 169(Icece 2017), 224–227. https://doi.org/10.2991/icece-17.2018.58
Viandari, K. D., & Susilawati, K. P. A. (2019). Peran pola asuh orangtua dan penggunaan gadget terhadap interaksi sosial anak prasekolah. Jurnal Psikologi Udayana, 6(01), 76. https://doi.org/10.24843/jpu.2019.v06.i01.p08
Wulandari. (2016). Anak Asuhan Gadget.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.