Perubahan Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Merokok pada Remaja melalui Kader Konseling Sahabat

  • Arif Nur Akhmad Politekhnik Kemenkes Pontianak
  • Dwi Sulistyawati Politekhnik Kemenkes Pontianak
  • Candra Dewi Rahayu Universitas Sains Al-Qur’an
  • Fifi Alviana Universitas Sains Al-Qur’an
Keywords: kader konseling remaja, merokok, pengetahuan, perilaku, sikap

Abstract

Perokok remaja di Indonesia mengalami peningkatan setiap tahunya. Kondisi tersebut dapat terjadi dikarenakan remaja lebih cenderung menunjukkan diri sebagai orang dewasa dengan mulai untuk merokok. Berbagai upaya dilakukan untuk merubah perilaku remaja untuk berhenti merokok, namun hasil tersebut belum optimal. kader konseling Sahabat merupakan intervensi yang efektif dalam merubah perilaku merokok remaja dengan menggunakan tahapan berhenti merokok. Tujuan untuk mengetahui perubahan pengetahuan, sikap, dan perilaku merokok pada remaja melalui kader konseling Sahabat. Penelitian ini menggunakan desain quasy-experiment pre-test and post test with control group. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh remaja yang mengikuti konseling berhenti merokok berjumlah 53 responden, pengambilan sampel dengan simple random sampling berjumlah 38 responden dan di bagi menjadi kelompok control dan intervensi. Analisa data penelitian  dengan Uji paired t-test dan Wilcoxon. Hasil menunjukkan rata-rata usia adalah 16 tahun dengan riwayat merokok selama 4 bulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perubahan pengetahuan, sikap dan perilaku meroko pada remaja sebelum dan setelah diberikan perlakukan. Hasil uji setalah dilakukan perlakuan menunjukan  nilai p pada variavel pengetahuan 0,008, sikap 0,030 dan perilaku 0,041. Kader konseling sahabat berpengaruh terhadap perubahan pengetahuan, sikap, dan perilaku merokok pada remaja.

References

Azwar. (2013). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bachtiar, G., & Sugiyo. (2016). Mengurangi Perilaku Merokok Siswa Melalui Konseling Pendekatan REBT dengan Teknik Time Projektion. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theiry and Aplicatin, 5(3). https://doi.org/http://journal.unnes.ac.ic/sju/index.php/jbk
Fitriyanti, D., & Iswari, R. (2020). Sosialisasi Pembinaan Karakter dalam Program Generasi Berencana (GenRe) Melalui Pusat Informasi Konseling Mahasiswa (PIK-MA) Sahabat Kota Pekalongan. Solidarity: Journal of Education, Society and Culture, 9(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/solidarity/article/view/42911
Ford, P., Clifford, A., Gussy, K., & Gartner, C. (2013). A systematic review of peer-support programs for smoking cessation in disadvantaged groups. International Journal of Environmental Research and Public Health, 10(11), 5507-5522.
Hidayat, A., & Gumilang, G. (2017). Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Yang Disebabkan Oleh Rokok Dengan Metode Forward Chaining. Jurnal Teknik Informatika (JUTEKIN), 5(2), 1–10.
Istifaizah, N. (2018). Hubungan Antara Sikap, Norma Subyektif, Persepsi Dan Self Efficacy Dengan Intensi Berhenti Merokok Pada Remaja Putra Di Smk Pgri Sukodadi. Universitas Airlangga. Retrieved from http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76613
Juliansyah, E., & Rizal, A. (2018). Faktor Umur, Pendidikan, Dan Pengetahuan Dengan Perilaku Merokok Di Wilayah Kerja Puskesmas Sungai Durian, Kabupaten Sintang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 19(01). Retrieved from http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/visikes/article/view/1853/1262
Kusumawati, Y., Astuti, D., Darnoto, S., Wijayanti, A. C., & Setiyadi, N. A. (2015). Model Pemberdayaan Konseling Peer Education dalam Upaya Membentuk Perilaku Berhenti Morokok pada Mahasiswa. In The 1st University Research Colloquium (URECOL). Surakarta. Retrieved from http://hdl.handle.net/11617/5167
Lake, W. R., Hadi, S., & Sutriningsih, A. (2017). Hubungan Komponen Perilaku (Pengetahuan, Sikap, Tindakan) Merokok Pada Mahasiswa. Nursing News: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keperawatan, 2(3), 843-856.
Malinti, E. (2019). Fenomena Merokok Pada Anak Usia Remaja: Studi Kualitatif. Klabat Journal Of Nursing, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.37771/kjn.v1i1.385
Pertiwi, E. M., Budiman, B., & Nurjanah, N. (2018). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Merokok Pada Siswa Smp Muhammadiyah 1 Palu. https://doi.org/10.31934/jom.v1i1.1161
Riskesdas, B. P. dan P. K. (2018). Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI tahun 2018. Jakarta. Retrieved from http://www.depkes.go.id/resources/download/general/Hasil Riskesdas
Saputra, A. M., & Sary, N. M. (2013). Konseling Model Transteoritik dalam Perubahan Perilaku Merokok pada Remaja. National Public Health Journal, 8(4), 152–157.
Suparno, P. (2016). Teori Perkembangan Kognitif Jean Peaget. Yogyakarta: Kanisius.
Suryawati, N. M. R. (2016). Konseling Teman Sebaya Untuk Meningkatkan Empati Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(2), 202-211.
Tirtosastro, S., & Murdiyati, A. S. (2017). Kandungan kimia tembakau dan rokok. Buletin Tanaman Tembakau, Serat & Minyak Industri, 2(1), 33–34.
Wiranti, & Supriyadi. (2015). Efikasi Diri Dan Dukungan Sosial Dosen Pembimbing Skripsi Pada Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 2(1). https://doi.org/10.24843/JPU.2015.v02.i01.p10
Published
2021-01-26
How to Cite
Akhmad, A., Sulistyawati, D., Rahayu, C., & Alviana, F. (2021). Perubahan Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Merokok pada Remaja melalui Kader Konseling Sahabat. Jurnal Keperawatan, 13(1), 77-84. https://doi.org/https://doi.org/10.32583/keperawatan.v13i1.1148